Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Reli Dakar : Al-Attiyah Pangkas Jarak Waktu dari Peterhansel

Nasser Al-Attiyah menjuarai etape 8 Reli Dakar kategori mobil, sehingga memangkas selisih waktunya dengan pemimpin klasemen sementara Stephane Peterhansel.
Pebalap Qatar Nasser Al-Attiyah dari tim Toyota beraksi di Reli Dakar 2021 di Arab Saudi./Antara/AFP
Pebalap Qatar Nasser Al-Attiyah dari tim Toyota beraksi di Reli Dakar 2021 di Arab Saudi./Antara/AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap asal Qatar Nasser Al-Attiyah meraih kemenangan etape untuk keempat kali di Reli Dakar 2021 di Arab Saudi, setelah tampil tercepat di etape 8, bagian terakhir fase maraton, dengan rute dari Sakaka ke Neom pada Senin (11/1/2021).

Pebalap Toyota berusia 50 tahun itu menyelesaikan Special Stage sejauh 375 km 52 detik lebih cepat dari juara bertahan Carlos Sainz dari tim X-Raid Mini dan 3 menit 3 detik di depan Stephane Peterhansel di mobil buggy Mini kedua.

Dengan hasil itu, pebalap bernama lengkap Nasser Salih Nasser Abdullah Al-Attiyah itu memangkas jaraknya dari Peterhansel yang tetap kokoh di puncak klasemen kategori mobil dengan keunggulan 4 menit 50 detik.

Sementara itu, Sainz bertahan di peringkat ketiga dengan selisih waktu 38 menit 55 detik dari rekan satu timnya tersebut, demikian laman resmi Dakar.

Setelah start dari posisi keempat hari ini, Al-Attiyah memimpin catatan waktu sejak check point pertama dengan keunggulan 16 detik dari Sainz dan 27 detik dari pemenang etape sebelumnya, Yazeed Al-Rajhi.

Al-Attiyah sempat kehilangan waktu 20 detik di km 161 sebelum memperbaiki kecepatannya hingga mengklaim bagian kedua etape maraton tersebut dan menambah koleksi kemenangan etapenya menjadi 40 kali dalam kariernya di Dakar.

"Kami mencoba yang terbaik dari kemarin dan hari ini. Hari maraton ini tidak mudah," kata Al-Attiyah yang mengincar titel keempatnya di Dakar itu. "Saya sangat senang. Mobil saya masih utuh setelah kemarin dan hari ini.”

"Di sejumlah tempat kami tampil sangat menekan untuk menandingi kecepatan mobil buggy (Mini). Tidak mudah, tapi saya cukup senang menyelesaikan etape maraton ini.”

Al-Attiyah masih memiliki 4 hari lagi untuk menantang Peterhansel, juara Dakar 13 kali. Namun, dia mengakui kedua mobil Mini rivalnya itu melaju cukup nyaman di gurun Saudi.

"Sulit melihat kesempatan kami karena mobil buggy itu lebih nyaman, dengan traksi yang lebih baik dan roda yang besar, jadi sedikit mengalami kebocoran.”

"Sejak start hingga sekarang, kami telah mengalami delapan kali bocor ban, jadi ini tidak mudah. Rekan satu tim saya Giniel (De Villiers) 16 kali mengalami ban bocor... tapi saya tak ingin mencari alasan. Kami punya empat hari lagi dan kami akan mencoba yang terbaik," ucap Al-Attiyah.

Setelah etape maraton selesai, di etape 9 para pebalap akan menjelajahi pesisir Laut Merah melalui rute sepanjang 574 km dengan titik start dan finis di Neom dengan Spesial Stage sejauh 465 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler