Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI BrightUp Cup 2022: Jojo Juara, Ginting Runner-up

BNI BrightUp Cup 2022 menghadirkan Jonatan Christie sebagai juara usai mengalahkan sang kompatriot Anthony Sinisuka Ginting di laga final dengan skor 25-23.
Jonatan Christie menjadi juara BNI BrightUp Cup, Anthony Sinisuka Ginting runner-up/PBSI
Jonatan Christie menjadi juara BNI BrightUp Cup, Anthony Sinisuka Ginting runner-up/PBSI

Bisnis.com, JAKARTA – BNI BrightUp Cup 2022 yang digelar sebagai salah satu persiapan Indonesia menuju BWF World Tour Finals 2022 menghadirkan Jonatan Christie sebagai juara usai mengalahkan sang kompatriot Anthony Sinisuka Ginting di laga final dengan skor 25-23.

Pria yang akrab disapa Jojo ini memulai laga di Grup B dengan kurang baik, sebab dia dipaksa menyerah atas Leong Jun Hao dengan skor 23-25.

Di partai terakhir pemilik medali emas Asian Games 2018 bangkit dengan mengalahkan Sitthikom Thammasin, 25-16. Dengan kemenangan Sitthikom atas Leong 25-20, Jojo berhak menjadi juara grup usai menang selisih poin.

Sementara itu, perjalanan Ginting ke partai puncak relatif lebih mulus. Ginting sukses menyapu bersih dua kemenangan atas Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ng Tze Yong lewat skor masing-masing 25-20 dan 25-23. Sementara, pertandingan antara Chico kontra Ng Tze Yong dimenangkan Chico 25-12.

Di final, pertarungan seru terjadi. Jojo yang meraih match point 24-20, tetapi dapat dikejar oleh Ginting. Ginting mengamankan tiga poin sebelum usahanya digagalkan servis yang membentur net.

"Dari mini turnamen ini saya bisa belajar menjelang ke BWF World Tour Finals nanti. Terutama di fase grup, kalau menang atau kalah di pertandingan pertama, harus tetap fokus di pertandingan selanjutnya karena lengah sedikit bisa fatal," kata Jonatan Christie, dikutip melalui rilis PBSI, Jumat (11/11/2022).

Jojo pun keluar sebagai juara dan berhak atas hadiah sebesar US$7000, sedangkan Ginting mendapat US$6000.

Sementara itu, Ginting mengaku puas lantaran mini turnamen tersebut menjadi simulasi untuk merasakan atmosfer pertandingan BWF World Tour Finals.

“Pertandingan ini bagus sih karena seperti simulasi untuk ke BWF World Tour Finals nanti. Sistemnya hampir mirip dengan grup dulu baru ke fase gugur. Dengan ini salah satu persiapannya, semoga di sana nanti bisa memberikan yang terbaik," tutur Ginting.

Pelatih tunggal putra Irwansyah, mengatakan anak asuhnya menampilkan permainan yang cukup oke walau kondisi belum prima sepulang dari tur Eropa.

"Setelah pulang dari Eropa memang anak-anak ini masih belum prima kondisinya. Masih agak capek tapi di mini turnamen ini mereka bermain cukup oke. Ini ajang uji coba untuk turnamen ke depan dan mereka bisa enjoy. Penonton juga menikmati jadi saya senang apalagi yang terpenting mereka tidak ada yang mengalami cedera," ucap Irwansyah.

BNI BrightUp Cup 2022 adalah mini turnamen untuk sektor tunggal putra dan sektor ganda putra yang berlangsung di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat, pada 10-11 November.

Adapun, sistem poinnya menggunakan rally point 1x25. Sektor tunggal dimainkan hari Kamis (10/11/2022) dengan menghadirkan enam pebulutangkis asal Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Enam pebulutangkis dibagi menjadi dua grup di mana sang pemuncak klasemen akan berlaga di final. Jonatan tergabung bersama Leong Jun Hao (Malaysia) dan Sitthikom Thammasin (Thailand) di Grup B. Di Grup A diisi Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Ng Tze Yong (Malaysia).

Selain mini turnamen, BNI BrightUp Cup 2022 juga diisi dengan laga fun match antara Kevin Sanjaya dan bintang-bintang Scarlett seperti Hito, Ibnu Wardani dan Alshad Ahmad. Sebagai penutupan, penonton dihibur penampilan memukau dari penyanyi muda berbakat, Lyodra.

BNI BrightUp Cup 2022 akan berlanjut pada hari ini Jumat (11/11/2022) dengan memainkan sektor ganda putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler