Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Joan Barreda Kembali Juara Etape Reli Dakar Kategori Motor

Joan Barreda Bort kembali membuktikan kehebatannya dengan finis terdepan pada etape 6 Reli Dakar kategori motor.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  22:44 WIB
Pebalap Australia Toby Price dan pebalap Argentina Kevin Benavides beraksi di Reli Dakar./Antara - AFP
Pebalap Australia Toby Price dan pebalap Argentina Kevin Benavides beraksi di Reli Dakar./Antara - AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap tim Honda asal Spanyol Joan Barreda Bort kembali membuktikan kehebatannya dengan finis terdepan pada etape 6 Reli Dakar kategori motor di Ha'il, Arab Saudi, pada Jumat (8/1/2021).

Pebalap berusia 37 tahun itu menjuarai Spesial Stage (SS) untuk ketiga kalinya di Reli Dakar tahun ini dengan finis 13 detik lebih cepat dari pebalap Yamaha Ross Branch dan 53 detik di depan Daniel Sanders dari KTM, demikian laman resmi Dakar.

Para pebalap di etape 6 melibas trek yang 100 persen berpasir sejauh 618 km dari Al Qaisumah ke Ha'il dengan Special Stage sepanjang 448 km.

Namun, karena cukup banyak peserta yang kesulitan finis pada etape 5, penyelenggara memutuskan menunda start para pebalap dari bivouac di Al Qaisumah 1 jam 30 menit lebih lambat dari jadwal awal, sehingga jarak SS hari ini dipotong 100 km untuk mengurangi kesulitan peserta.

Barreda menyelesaikan SS hari ini dalam waktu 3 jam 45 menit 27 detik untuk membawanya naik dua posisi ke peringkat tujuh klasemen di belakang pebalap KTM Sam Sunderland, tetapi catatan waktunya masih terpaut 6 menit 25 detik di belakang pemuncak klasemen Toby Price dari tim KTM.

Price, yang mengincar titel Dakar ketiganya, merasa diuntungkan dengan pemotongan jarak hari ini hingga finis peringkat tujuh atau hampir 6 menit lebih cepat dari Kevin Benavides dan menggusur sang pebalap Honda ke peringkat kedua klasemen dengan selisih 2 menit 16 detik.

Benavides menyelesaikan SS hampir 10 menit lebih larut dari juara etape, kehilangan cukup banyak waktu setelah mengalami cedera tumit dan hidung karena kecelakaan pada hari kelima.

Pebalap Honda lainnya Jose Cornejo Florimo bertahan di peringkat ketiga, menjaga jaraknya 2 menit 57 detik dari pemuncak klasemen.

"Hari ini mereka memotong etape sepanjang 100km yang cukup membantu, kecepatannya luar biasa. Peringkat ketujuh etape dan memimpin secara umum. Kami masih dalam pertarungan dan apa pun bisa terjadi, jalan masih panjang," kata Price di Twitter

Sementara itu, juara bertahan Ricky Brabec dari tim Honda menikmati penampilan terbaiknya sejauh ini dan finis keempat untuk Honda, meskipun sempat kehilangan 3 menit karena masalah navigasi.

Brabec membawa dirinya naik satu posisi ke peringkat 14 sehingga memangkas jaraknya menjadi 19 menit 56 detik dari Price.

Para pebalap akan beristirahat di Ha'il untuk jeda satu hari pada Sabtu sebelum melanjutkan etape 7 yang merupakan sesi pertama etape maraton hari berikutnya yang menempuh rute sejauh 738 km dari Ha'il ke Sakaka dengan SS sepanjang 471 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reli dakar

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top