Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joan Barreda Kembali Juara Etape Reli Dakar Kategori Motor

Joan Barreda Bort kembali membuktikan kehebatannya dengan finis terdepan pada etape 6 Reli Dakar kategori motor.
Pebalap Australia Toby Price dan pebalap Argentina Kevin Benavides beraksi di Reli Dakar./Antara/AFP
Pebalap Australia Toby Price dan pebalap Argentina Kevin Benavides beraksi di Reli Dakar./Antara/AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap tim Honda asal Spanyol Joan Barreda Bort kembali membuktikan kehebatannya dengan finis terdepan pada etape 6 Reli Dakar kategori motor di Ha'il, Arab Saudi, pada Jumat (8/1/2021).

Pebalap berusia 37 tahun itu menjuarai Spesial Stage (SS) untuk ketiga kalinya di Reli Dakar tahun ini dengan finis 13 detik lebih cepat dari pebalap Yamaha Ross Branch dan 53 detik di depan Daniel Sanders dari KTM, demikian laman resmi Dakar.

Para pebalap di etape 6 melibas trek yang 100 persen berpasir sejauh 618 km dari Al Qaisumah ke Ha'il dengan Special Stage sepanjang 448 km.

Namun, karena cukup banyak peserta yang kesulitan finis pada etape 5, penyelenggara memutuskan menunda start para pebalap dari bivouac di Al Qaisumah 1 jam 30 menit lebih lambat dari jadwal awal, sehingga jarak SS hari ini dipotong 100 km untuk mengurangi kesulitan peserta.

Barreda menyelesaikan SS hari ini dalam waktu 3 jam 45 menit 27 detik untuk membawanya naik dua posisi ke peringkat tujuh klasemen di belakang pebalap KTM Sam Sunderland, tetapi catatan waktunya masih terpaut 6 menit 25 detik di belakang pemuncak klasemen Toby Price dari tim KTM.

Price, yang mengincar titel Dakar ketiganya, merasa diuntungkan dengan pemotongan jarak hari ini hingga finis peringkat tujuh atau hampir 6 menit lebih cepat dari Kevin Benavides dan menggusur sang pebalap Honda ke peringkat kedua klasemen dengan selisih 2 menit 16 detik.

Benavides menyelesaikan SS hampir 10 menit lebih larut dari juara etape, kehilangan cukup banyak waktu setelah mengalami cedera tumit dan hidung karena kecelakaan pada hari kelima.

Pebalap Honda lainnya Jose Cornejo Florimo bertahan di peringkat ketiga, menjaga jaraknya 2 menit 57 detik dari pemuncak klasemen.

"Hari ini mereka memotong etape sepanjang 100km yang cukup membantu, kecepatannya luar biasa. Peringkat ketujuh etape dan memimpin secara umum. Kami masih dalam pertarungan dan apa pun bisa terjadi, jalan masih panjang," kata Price di Twitter

Sementara itu, juara bertahan Ricky Brabec dari tim Honda menikmati penampilan terbaiknya sejauh ini dan finis keempat untuk Honda, meskipun sempat kehilangan 3 menit karena masalah navigasi.

Brabec membawa dirinya naik satu posisi ke peringkat 14 sehingga memangkas jaraknya menjadi 19 menit 56 detik dari Price.

Para pebalap akan beristirahat di Ha'il untuk jeda satu hari pada Sabtu sebelum melanjutkan etape 7 yang merupakan sesi pertama etape maraton hari berikutnya yang menempuh rute sejauh 738 km dari Ha'il ke Sakaka dengan SS sepanjang 471 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler