Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hasil Reli Dakar, Nasser Al-Attiyah Hattrick Juara Etape

Nasser Al-Attiyah dengan co-drive Matthieu Baumel mencetak hattrick kemenangan etape Reli Dakar 2021 di Arab Saudi untuk kategori mobil.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  22:19 WIB
Pebalap tim Toyota Gazoo Racing Nasser Al-Attiyah dan co-driver Matthieu Baumel beraksi di Reli Dakar 2021 di Arab Saudi./Antara - AFP
Pebalap tim Toyota Gazoo Racing Nasser Al-Attiyah dan co-driver Matthieu Baumel beraksi di Reli Dakar 2021 di Arab Saudi./Antara - AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap kategori mobil asal Qatar Nasser Al-Attiyah dengan co-drive Matthieu Baumel mencetak hattrick (tiga kemenangan) etape Reli Dakar 2021 di Arab Saudi setelah keluar sebagai yang tercepat pada etape keempat.

Pasangan tersebut berhasil menaklukkan Special Stage sepanjang 337 km dari Wadi Ad-Dawasir ke Riyadh pada Rabu (6/1/2021).

Pebalap tim Toyota Gazoo Racing itu finis 11 detik lebih cepat dari rival utamanya, Stephane Peterhansel dari tim X-Raid Mini yang masih memimpin klasemen setelah etape keempat, demikian laman resmi Dakar.

Sementara itu, Henk Lategan dari Afrika Selatan kembali naik podium bersama Toyota setelah finis di peringkat ketiga dengan catatan waktu terpaut 1 menit 30 detik dari rekan satu timnya.

Al-Attiyah tampil jeblok setelah membuka jalan di etape pertama, tetapi tidak demikian skenarionya pada dua etape terakhir ketika dia menjadi pebalap yang start paling awal.

"Ini bukan etape yang mudah. Kami kehilangan 1 menit karena suatu kesalahan, tapi kami bukan satu-satunya yang membuat kesalahan dan kami dengan cepat kembali ke trek," kata Al-Attiyah.

"Membuka jarak itu sulit, tapi hari ini menyenangkan mendapati rekan satu tim saya Henk Lategan di samping saya. Itu hal yang saya butuhkan, seorang pebalap cepat yang bisa membantu saya."

Pebalap yang mengincar gelar keempatnya di Dakar itu menjaga jaraknya menjadi 4 menit 58 detik dari Peterhansel, juara Dakar 13 kali, yang konsisten menghuni pucuk klasemen sejak etape kedua.

"Kami tidak menandai satu sama lain, ini hanyalah serangan yang bertubi-tubi, dan pada akhirnya kami finis dengan waktu yang sama," kata Peterhansel. "Di luar kesalahan kecil navigasi jelang finis, saya rasa saya tak bisa menyerang lagi. Untuk tetap fokus, kami harus mengerahkan seluruh tenaga.”

"Sejauh ini lancar, karena kami tidak membuat terlalu banyak kesalahan. Di masa lalu, 50 persen dari peserta akan gugur dari balapan karena kesalahan berkendara atau masalah teknis, tetapi itu menjadi tak awam lagi, jadi kami hanya harus bertahan," kata pebalap veteran berkebangsaan Prancis itu.

Sementara juara bertahan Carlos Sainz naik satu posisi ke peringkat ketiga dengan jarak 36 menit 19 detik. Sang pebalap Spanyol harus start dari posisi ke-17 menyusul blundernya pada etape ketiga.

Meski sempat memangkas waktunya 31 menit dari pemuncak klasemen dengan 10 km tersisa, Sainz gagal menandingi kecepatan Al-Attiyah dan harus puas finis kelima hari ini, 3 menit di belakang sang pebalap Qatar.

Juara dunia reli sembilan kali Sebastien Loeb, yang mengincar gelar Dakar pertamanya, perlahan tapi pasti menemukan ritmenya setelah finis keempat hari ini untuk mendongkrak posisinya ke peringkat empat klasemen dengan margin 48 menit 14 detik. Lategan menguntit sang pebalap tim Prodrive itu di peringkat lima klasemen dengan jarak 30 detik.

Etape kelima akan menempuh rute sejauh 661 km dari Riyadh ke Al Qaisumah dengan Spesial Stage sepanjang 456 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reli dakar

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top