Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kategori Motor Reli Dakar, Barreda Bort Menangi Etape Kedua Kali

Pebalap Honda Joan Barreda Bort meraih kemenangan etape untuk kedua kalinya di Reli Dakar 2021 di Arab Saudi pada Rabu (6/1/2021).
Pebalap tim Honda Joan Barreda Bort./Honda
Pebalap tim Honda Joan Barreda Bort./Honda

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap motor tim Honda asal Spanyol Joan Barreda Bort meraih kemenangan etape untuk kedua kalinya di Reli Dakar 2021 di Arab Saudi setelah finis terdepan pada hari keempat di Riyadh pada Rabu (6/1/2021).

Pebalap berusia 37 tahun itu menyelesaikan Spesial Stage sejauh 337 km dari Wadi Ad-Dawasir menuju ibu kota Arab Saudi itu dalam waktu 2 jam 46 menit 50 detik, demikian laman resmi Dakar.

Juara etape kedua itu start hari keempat dari posisi ke-30 dan mengambil alih pimpinan lomba sejak checkpoint pertama di km 43 dan catatan waktunya tak terkejar lawan-lawannya hingga garis finis.

Pebalap berpaspor Botswana Ross Branch menjadi pebalap Yamaha yang pertama kali menyelesaikan lomba, tetapi catatan waktunya terpaut 5 menit 57 detik di belakang Barreda setelah pebalap Spanyol melintasi finis.

Branch harus puas sebagai runner-up dan pebalap rookie Daniel Sanders membawa KTM melengkapi podium di posisi ketiga 12 detik berselang

"Saya menikmatinya. Saya sedikit frustrasi setelah melewatkan waypoint dari start pagi ini. Kemudian saya ingin melihat seberapa cepat saya bisa melaju dan mencari tahu kecepatan puncak motor saya," kata Branch.

"Yamaha melakukan tugasnya dengan sangat baik dengan motor ini dan ini sangat cepat, saya tidak berharap bisa membalap secepat itu. Saya harus tetap konsisten di sisa etape untuk melihat bagaimana hasil akhirnya," kata Branch yang kini bmenempati peringkat empat klasemen dengan margin 4 menit 24 detik.

Pebalap tim Husquvarna Xavier De Soultrait finis kelima hari ini dan mendongkrak posisinya ke puncak klasemen umum sementara.

Sang pebalap Prancis memiliki margin tipis 15 detik dari Barreda yang membayangi di peringkat dua bersama rekan satu timnya di Honda, Kevin Benavides, yang terpaut 3 menit 24 detik di peringkat ketiga.

Setelah menjuarai etape tiga, Toby Price di hari keempat sempat kembali memimpin di km 80, tetapi sang pebalap KTM kehilangan waktu lebih dari 5 menit di checkpoint berikutnya karena melakukan kesalahan navigasi.

Juara Dakar dua kali dari Australia itu menyudahi hari keempat dengan finis lebih dari 14 menit dari catatan waktu Barreda sehingga turun ke peringkat delapan klasemen dengan margin 7 menit 47 detik dari De Soultrait.

Sementara itu juara bertahan Ricky Brabec sepertinya menjalani etape hari ini cukup konservatif, menjaga umur bannya dan menghindari sebagai pembuka jalan di etape kelima, yang disebut-sebut sebagai rute terberat di Dakar edisi ke-43 itu.

Sang pebalap Amerika Serikat kini menghuni peringkat ke-15 berjarak 16 menit 21 detik dari pemuncak klasemen.

Etape kelima akan menempuh rute sejauh 661km dari Riyadh ke Al Qaisumah dengan Spesial Stage sepanjang 456 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler