Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reli Dakar: Al-Attiyah Menangi Etape 3, Peterhansel Pimpin Klasemen

Nasser Al-Attiyah meneruskan tren kemenangan etape di Reli Dakar 2021 setelah menjadi yang tercepat di etape ketiga kategori monil, tetapi Stephane Peterhansel masih memimpin klasemen.
Pebalap tim Toyota Nasser Al-Attiyah dari Qatar bersama co-pilot Mathieu Baumel di Reli Dakar 2021./Antara/AFP
Pebalap tim Toyota Nasser Al-Attiyah dari Qatar bersama co-pilot Mathieu Baumel di Reli Dakar 2021./Antara/AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap asal Qatar Nasser Al-Attiyah meneruskan tren kemenangan etape di Reli Dakar 2021 di Arab Saudi setelah menjadi yang tercepat di etape ketiga kategori mobil yang menempuh rute memutar di Wadi Ad-Dawasir pada Selasa (5/1/2021).

Ini merupakan kemenangan ketiga di Dakar edisi ke-43 tahun ini bagi pebalap tim Toyota tersebut setelah sebelumnya tampil perkasa di sesi prolog dan etape kedua.

Al-Attiyah, dipandu co-pilot Matthieu Baumel, membuka jalan hari ini dan sempat kehilangan waktu 1 menit 38 detik hingga check point pertama.

Namun, perlahan tapi pasti juara Dakar tiga kali itu menemukan ritmenya dan kembali memimpin setelah km 183 dan menyelesaikan Special Stage sejauh 403 km dalam waktu 3 jam 17 menit 39 detik, demikian laman resmi Reli Dakar.

Rekan satu timnya di Toyota Gazoo Racing, Hank Lategan, finis sebagai runner-up setelah menyelesaikan lomba 2 menit 27 detik kemudian.

"Saya cukup senang. Hari ini kami banyak menekan dan Mathieu melakukan navigasi dengan baik," kata Al-Attiyah. "Semua berjalan dengan sangat baik seperti yang kami butuhkan. Saya cukup senang dengan kecepatannya, karena membuka jalan dan memenangi etape itu bagus. Saya rasa ada satu titik di mana navigasinya sangat sulit dan saya rasa sebagian besar pebalap tersesat di sana."

Stephane Peterhansel dari tim X-Raid Mini dengan jarak 4 menit 5 detik melengkapi podium di peringkat ketiga dan mempertahankan posisinya sebagai pemuncak klasemen.

Peterhansel, juara Dakar 13 kali, menjaga jaraknya dengan keunggulan 5 menit 9 detik dari Al-Attiyah yang kini naik ke peringkat kedua klasemen.

Juara bertahan Carlos Sainz kehilangan waktu cukup banyak setelah mengalami masalah navigasi hingga finis dengan jarak 31 menit 2 detik dari sang pemenang etape.

Dengan margin 33 menit 34 detik, posisi Sainz melorot ke peringkat empat klasemen di saat Matthieu Serradori dari tim SRT Racing naik ke peringkat ketiga.

"Hari ini etape yang komplet," kata Peterhansel. "Kami mendapati ban bocor di sesi percobaan pertama, jadi setelah itu kami lebih berhati-hati dengan batuan. Setelah itu ada ngarai, tebing berpasir, gunung pasir yang cantik juga dataran yang cepat... percampuran yang sangat baik.”

"Hasil ini tidak sempurna karena kebocoran ban, tapi saya sangat senang dengan tugas yang dilakukan Edouard (Boulanger) sebagai co-pilot,” lanjutnya.

Pebalap berjuluk Mister Dakar itu kembali akan membuka jalan di etape keempat pada Rabu (6/1/2021) yang akan start dari Wadi Ad-Dawasir dan finis di Riyadh dengan Special Stage sejauh 337 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler