Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Malaysia Open 2023: Fajar/Rian Juara dan Raih Gelar Super 1000 Pertama

Berikut hasil Malaysia Open 2023. Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih gelar juara setelah mengalahkan wakil China, Liang/Wang.
Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Rian Ardianto (Fajar/Rian) di ajang Daihatsu Indonesia Master 2022/PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Rian Ardianto (Fajar/Rian) di ajang Daihatsu Indonesia Master 2022/PBSI

Bisnis.com, SOLO - Berikut hasil Malaysia Open 2023. Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih gelar juara setelah mengalahkan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Final Malaysia Open 2023 digelar di Axiata Arena, Bukit Jalil, Malaysia, pada Minggu (15/1/2023).

Indonesia menempatkan satu wakil di final Malaysia Open 2023 yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di nomor ganda putra.

Fajar/Alfian memainkan final turnamen BWF Super 1000 mereka dengan melawan Liang Wei Keng/Wang Chang dari China.

Ganda putra terbaik Indonesia itu pun meraih juara Malaysia Open 2023 setelah mengalahkan Liang/Wang lewat rubber game, 21-18, 18-21, dan 21-13.

Di awal laga Fajar/Rian lebih dulu tertinggal dari Liang Wei Keng/Wang Chang pada kedudukan 2-4.

Namun smes dari Rian dan bola placing akurat membuat pasangan nomor satu dunia ini berbalik unggul pada kedudukan 6-5.

Pukulan keras di depan net membuat pasangan Indonesia menjauh menjadi 10-7 sebelum menutup interval setelah pengembalian Liang/Wang keluar dari lapangan.

Usai jeda, Fajar/Rian langsung melesat dan memperlebar jarak menjadi 13-9, sebelum diperkecil oleh smes kencang Liang.

Fajar/Rian menjaga margin empat angka hingga smes Fajar gagal dikembalikan oleh pasangan China itu membuat skor menjauh, 18-13.

Game point diraih Fajar/Rian setelah sambaran Rian meluncur di area permainan Liang/Wang. Ganda putra China itu sempat memperkecil ketertinggalan, namun pada akhirnya Fajar/Rian menutup gim pertama dengan skor 21-18 dalam tempo 19 menit.

Di gim kedua, Liang/Wang yang tak mau dikalahkan dengan mudah langsung menggempur. Hasilnya, mereka pun unggul 4-0 atas Fajar/Rian pada awal gim.

Fajar/Rian sempat meraih empat poin beruntun sebelum lucky ball membuat Liang/Wang unggul lagi.

Permainan bola depan yang baik dari Wang Chang membuat ganda putra China unggul 9-7. Beruntung Fajar/Rian cepat bangkit dan menyamakan kedudukan jadi 9-9.

Error dari Wang Chang membuat pasangan Indonesia menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-9.

Selepas turun minum adu drive terjadi antara kedua pasangan. Sayang, Fajar/Rian harus kehilangan poin setelah smes keras lawan gagal mereka kembalikan.

Perebutan poin ketat terjadi jelang gim kedua berakhir. Fajar/Rian tertinggal satu angka sebelum pasangan China menjauh 17-15.

Fajar/Rian lebih banyak tertekan pada gim kedua ini. Maklum, Liang/Wang tampil agresif untuk mengamankan kemenangan.

Keadaan imbang di angka 17-17 setelah Wang Chang gagal menyeberangkan bola dari bibir net. Sayang, momentum itu terhenti setelah Fajar tak bisa mengembalikan bola backhand.

Liang/Wang melesat dan meraih game point pada skor 20-17. Fajar/Rian sempat menambah satu angka sebelum akhirya mengakui keunggulan pasangan China, 18-21. Pertandingan pun berlanjut ke rubber game.

Di gim penentuan, permainan sengit nan agresif diperagakan kedua tim sejak poin pertama. Sergapan Rian membawa Indonesia memimpin dua angka, 4-2.

Gempuran Liang/Wang membuat keadaan imbang 6-6. Disusul kemudian smes beruntun Rian mengembalikan keunggulan ganda Indonesia.

Pasangan beralias FajRi itu akhirnya menutup interval gim ketiga dengan keunggulan dua angka, 11-9.

Indonesia langsung menambah angka lewat pukulan cepat Fajar sesuai jeda interval untuk memperlebar keunggulan atas China.

Tak tanggung-tanggung, empat angka beruntun bisa didapatkan Fajar/Rian dan unggul 15-9 untuk sementara. Sayang setelah itu Liang/Wang bisa menambah dua angka.

Momentum pasangan China diputus oleh smes ke sudut lapangan oleh Fajar. 16-11 untuk keunggulan FajRi.

Ganda putra ranking 1 BWF cepat melesat dan meninggalkan lawannya makin jauh, 18-11. Fajar/Rian di atas angin untuk memenangi final Super 1000 pertama mereka.

Championship point diraih Fajar/Rian dalam kedudukan 20-12. Gelar juara pertama Fajar/Rian tahun ini akhirnya dipastikan setelah pengembalian Liang/Wang menyangkut di net. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler