Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil F1 GP Bahrain, Hamilton Juara Setelah Lewati Balapan Tersulit

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton memenangi GP Bahrain setelah berhasil mengatasi tekanan hebat dari Max Verstappen dari tim Red Bull. Ini menjadi balapan tersulit bagi Hamilton.
Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton melintasi garis finis untuk menjuarai Grand Prix Bahrain di Sirkuit Sakhir./Antara/AFP
Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton melintasi garis finis untuk menjuarai Grand Prix Bahrain di Sirkuit Sakhir./Antara/AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Lewis Hamilton, pebalap Mercedes asal Inggris, memenangkan seri perdana Formula 1 musim 2021 setelah menahan gempuran Max Verstappen dari tim Red Bull di Grand Prix Bahrain pada Minggu (28/3/2021) tengah malam WIB.

Hamilton mengalahkan Verstappen di Sirkuit Sakhir dengan margin hanya 0,745 detik setelah beradu strategi penggunaan ban selama 56 putaran.

Podium ketiga juga diisi oleh pebalap Mercedes setelah Valtteri Bottas finis ketiga, 37,383 detik berselang dari rekan satu timnya, demikian laman resmi Formula 1.

Berbekal hasil positif tes pramusim, Verstappen sejatinya tampil dominan sejak akhir pekan, mencatatkan waktu tercepat di tiga sesi latihan bebas dan merebut pole position untuk Red Bull.

"Saya bisa melihat hal-hal positif, kami memberi perlawanan yang ketat kepada mereka. Kami mencetak poin yang baik," kata Verstappen setelah finis sebagai runner-up.

Verstappen kehilangan posisi sebagai pimpinan lomba saat melakukan pitstop pertama untuk berganti ban medium di lap ke-18 dan keluar pit di belakang mobil Hamilton yang berbekal ban hard baru. Namun, pebalap Belanda itu kembali merebut posisinya semula ketika Hamilton kembali masuk pit di lap 29.

Dengan 16 lap tersisa, Verstappen beralih ke ban hard untuk melaju hingga finis dan harus mengejar Hamilton yang kini unggul 8 detik sebagai pemimpin lomba.

Lap demi lap, mobil Red Bull bernomor 33 itu memangkas jaraknya dari rivalnya. Di bawah tekanan, Hamilton yang masih unggul 1,4 detik melakukan kesalahan di lap ke-52 dan mendapati bannya terkunci di tikungan 10 hingga melebar, yang berarti Verstappen bisa menggunakan DRS untuk menyerang karena berada dalam gap kurang dari 1 detik.

Tiga putaran jelang finis, Hamilton bertahan sekuat tenaga menahan serangan Verstappen yang tepat berada di ekornya.

Gap 0,9 detik memisahkan kedua pebalap terdepan di lap terakhir, tetapi Verstappen tak mendapatkan celah cukup lebar hingga harus rela menyaksikan Hamilton mengklaim kemenangan seri perdana musim ini.

"Sungguh balapan yang sulit. Kami tahu masuk pit awal akan menyulitkan, akan membutuhkan sesuatu yang spesial. Saya hanya mampu menahannya [Verstappen], ini salah satu balapan tersulit yang saya jalani belakangan ini," kata Hamilton.

McLaren juga tampil menjanjikan setelah Lando Norris mengklaim P4 dan rekan barunya, Daniel Ricciardo, finis P7.

Demikian pula Ferrari, yang berusaha bangkit dari musim terburuknya tahun lalu. Charles Leclerc dan Carlos Sainz masing-masing finis membawa SF21 di P6 dan P8.

Sergio Perez mengawali debutnya sebagai tim Red Bull dengan baik dan mengklaim P5 setelah start dari P11.

Yuki Tsunoda menjadi rookie dengan hasil finis terbaik setelah membawa AlphaTauri mengklaim P9.

Lance Stroll meraih poin terakhir yang tersedia di balapan dengan finis P10 untuk tim Aston Martin di saat rekan satu timnya, Sebastian Vettel hanya finis P15.

Vettel memulai balapan dari belakang grid setelah diganjar penalti mundur lima posisi start karena kedapatan mengabaikan peringatan bendera kuning ketika kualifikasi.

Nikita Mazepin menyudahi balapan lebih awal setelah kehilangan kendali mobil Haas-nya di lap pertama dan menyebabkan Safety Car diturunkan.

Mengalami masalah dengan rem belakang mobil Alpinenya, Fernando Alonso terpaksa ditarik masuk ke garasi dan menyudahi balapan pertamanya di F1 setelah 2 tahun hengkang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler