Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Republik Ceska Kembali Juara Tenis Piala Federasi

Republik Ceska terus membangun diri sebagai kekuatan dalam tenis putri dengan menaklukkan tuan rumah Prancis 3-2 untuk menjuarai Piala Federasi kelima kalinya dalam 6 tahun terakhir.
Republik Ceska juara turnamen tenis Piala Federasi setelah menundukkan Prancis di final/Reuters-Vincent Kessler
Republik Ceska juara turnamen tenis Piala Federasi setelah menundukkan Prancis di final/Reuters-Vincent Kessler

Bisnis.com, JAKARTA - Republik Ceska terus membangun diri sebagai kekuatan dalam tenis putri dengan menaklukkan tuan rumah Prancis 3-2 pada Senin pagi WIB (14/11/2016) untuk menjuarai Piala Federasi kelima kalinya dalam 6 tahun terakhir, atau yang ke-10 secara keseluruhan.

Karolina Pliskova dan Barbora Strycoba menaklukkan pasangan Kristina Mladenovic dan Carolina Garcia 7-5 7-5 pada partai tunggal yang memastikan kemenangan Republik Ceska dalam final kejuaraan dunia tenis beregu putri tersebut di Strasbourg, Prancis.

Republik Ceska, ketika sebagai Ceskaslowakia pada 1970-an dan 1980-an pernah lima kali juarai Piala Federasi. Kini dalam beberapa tahun terakhir tim tenis Ceska cukup dominan di tingkat dunia.

Hanya tim AS yang dapat mengungguli Republik Ceska dalam koleksi gelar Piala Federasi, yakni 17 kali sejak kejuaraan ini pertama digelar pada 1963.

Menghadapi pasangan yang baru-baru ini menjuarai Grand Slam Prancis Terbuka, Strycova/Pliskova tampil bagus, sementara Mladenovic tampak tidak dalam performa terbaiknya.

Petra Kvitova, dua kali juara Wimbledon, semula diharapkan dapat menjadi andalan Republik Ceska namun setelah kekalahannya pada partai pertama, dia tidak dapat tampil dalam final.

"Kvitova tidak bisa tampil hari ini, kami tidak punya pilihan, namun Strycoba tampil sangat bagus," kata kapten tim Republik Ceska Petr Pala, yang membawa timnya bangkit dari ketinggalan 1-2 dan berhasil menjadi kapten tim Republik Ceska pernah yang berhasil memcatat lima gelar Piala Federasi.

"Para pemain kami tidak pernah menyerah, seperti juga tim Prancis, tetapi hanya ada satu tim yang juara," ujarnya.

Tidak mau terpengaruh oleh absennya Kvitova, para pemain Republik Ceska lainnya tetap fokus dengan tugasnya dan perjuangan mereka terbayar. Tim putri Republik Ceska merupakan tim pertama dalam sejarah Piala Federasi ini yang mampu tiga kali beruntun menjadi juara, sejak Spanyol pada 1993-1995.

"Ini hari yang indah. Kami begitu gembira karena pertandingan ini tidak mudah," kata Pliskova. "Rahasia suksesnya adalah kami tampil maksimal dan memburu setiap poin. Kami berjuang hingga akhir pertandingan," tambah Strycova.

Berikut hasil pertandingan final Piala Federasi:

Senin pagi WIB (14/11/2016):

Karolina Pliskova/Barbora Strycova (Republik Ceska) vs Caroline Garcia/Kristina Mladenovic (Prancis) 7-5 7-5

Barbora Strycova (Republik Ceska) vs Alize Cornet (Prancis) 6-2 7-6(4)

Caroline Garcia (Prancis) vs Karolina Pliskova (Republik Ceska) 6-3 3-6 6-3

Hari Minggu WIB (13/11/2016):

Caroline Garcia (Prancis) vs Petra Kvitova (Republik Ceska) 7-6(6) 6-3

Karolina Pliskova (Republik Ceska) vs Kristina Mladenovic (Prancis) 6-3 4-6.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler