Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP Sepang: Bersaing Ketat, Ini Peluang Juara, Rekor Rossi dan Lorenzo

Perburuan gelar juara MotoGP 2015 memasuki fase paling krusial. Dengan selisih angka hanya 11 poin, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bersaing ketat mengingat hanya tersisa dua balapan lagi yakni di Sepang, Malaysia dan Valencia, Spanyol.
Valentino Rossi (kiri) dan Jorge Lorenzo/www.gpone.com
Valentino Rossi (kiri) dan Jorge Lorenzo/www.gpone.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perburuan gelar juara MotoGP 2015 memasuki fase paling krusial. Dengan selisih angka hanya 11 poin, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bersaing ketat mengingat hanya tersisa dua balapan lagi yakni di Sepang, Malaysia dan Valencia, Spanyol.

Jelang balapan di Sepang pada akhir pekan ini, peluang Rossi dan Lorenzo untuk menjadi juara sama-sama besar.

Pada tahun lalu, Marquez jadi pemenang di Sepang, disusul Rossi dan Lorenzo. Jika hal itu terjadi lagi maka, Rossi unggul 15 poin dari Lorenzo dan penentuan gelar juara MotoGP akn terjadi  di Valencia.

Peluang Rossi untuk mengklaim gelar kesepuluh MotoGP juga bisa saja terjadi di Sepang jika berhasil mengumulkan 15 poin dari Lorenzo, atau dengan kata lain Rossi unggul 26 poin sebelum bertandang ke balapan Valencia negara asal Lorenzo, Spanyol.

Hal itu akan terjadi jika Rossi mampu menang di Sepang, sementara Lorenzo finis pada posisi keenam atau lebih rendah. Rossi juga bisa finis kedua jika Lorenzo menyelesaikan balapan di luar sepuluh besar.

Sejauh ini Rossi memimpin klasemen sementara dengan 296 poin, sementara Lorenzo menguntit pada posisi kedua dengan 285 poin.

 Catatan Rekor Rossi dan Lorenzo di Sepang

Bagaimana catatan rekor Rossi dan Lorenzo di Sepang? Dilansir dari halaman MotoGP, Rabu (21/10/2015) The Doctor sangat superior di Sepang. Rossi telah menang sebanyak enam kali di Sepang tetapi kemenangan terakhir tahun 2010. Walaupun demikian, Rossi diwajibkan selalu finis di belakang Lorenzo guna mengklaim gelar kesepuluh MotoGP.

Sementara itu Lorenzo malah belum pernah menjadi yang terbaik di Negeri Jiran, tetapi rider Spanyol itu tidak pernah absen dari podium sejak mengikuti balapan di Sepang tahun lalu. Lorenzo dapat memecah telur alias untuk pertama kalinya menang di Sepang pada musim ini.

Sayangnya, persaingan Rossi dan Lorenzo tidak bisa serta merta melupakan pembalap lain khususnya rider Honda. MotoGP 2014 di Sepang mencatat nama Marc Marquez keluar sebagai pemenang disusul Rossi pada posisi kedua dan Lorenzo pada posisi ketiga.

Kemenangan Marquez tahun lalu merupakan kemenangan pertamanya pada kelas utama sejak terakhir kali menang pada tahun 2010 ketika masih membalap di kelas 125cc.

Walaupun peluang meraih gelar telah pupus, tetapi Marquez tetap berambisi menang di Sepang karena memiliki motivasi tambahan setelah menang secara fantastis di MotoGP Phillip Island, Australia akhir pekan kemarin.

Rider Honda ini bahkan sudah berniat 'mengacaukan' perebutan gelar juara MotoGP dengan menyapu bersih kemenangan di dua balapan tersisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Sumber : MotoGP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler