Jorge Lorenzo Jadi Test Rider Yamaha di MotoGP

Pebalap Spanyol itu akan membantu mengembangkan YZR M-1 yang pernah menghantarnya meraih tiga gelar juara dunia ketika bersama Yamaha selama 9 musim.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  17:22 WIB
Jorge Lorenzo Jadi Test Rider Yamaha di MotoGP
Jorge Lorenzo - Reuters/Heino Kalis

Bisnis.com, JAKARTA - Jorge Lorenzo kembali ke pentas MotoGP sebagai pebalap uji coba Yamaha setelah memutuskan pensiun pada 2019, 

Pebalap Spanyol itu akan membantu mengembangkan YZR M-1 yang pernah menghantarnya meraih tiga gelar juara dunia ketika bersama Yamaha selama 9 musim.

Lin Jarvis, Managing Director of Yamaha Motor Racing mengatakan, ketika mendengar Lorenzo pensiun dari dunia balap, Yamaha langsung mendekati dan mengajukan proposal kepadanya untuk bergabung dengan Yamaha.

"Statistik pencapaiannya ketika bersama kami selama 9 tahun berbicara dengan sendirinya. Dia adalah pebalap berpengalaman yang sangat mengenal baik M-1 dan orang-orang Yamaha," ujarnya pada laman resmi MotoGP, Kamis (30/1/2020).

Juara dunia 3 kali itu akan mulai menjalani peran barunya sebagai pebalap uji coba (test rider) pada uji coba di Sepang 2-4 Februari 2020. Lorenzo terkenal sebagai pebalap yang halus, presisi dan memberikan masukan yang sangat jelas.

Lorenzo akan didukung oleh Silvano Galbusera yang menjadi kepala mekanik pada Yamaha Factory Racing Test Team.

Jarvis mengatakan Lorenzo adalah pebalap yang sangat presisi, memiliki teknik sangat bagus dan segala kualitas yang dibutuhkan sebagai test rider pada level tertinggi. Menurutnya, kehadiran Lorenzo dan kepala mekanik Silvano Galbusera akan memperkuat Yamaha dari sisi teknis dan pebalap.

Adapun, saat ini Yamaha terus berupaya untu meningkatkan M-1 setelah beberapa musim terakhir kesulitan besain dengan Honda dan Ducati.

"Tentu kami sangat senang untuk menyambut kembali kedatangan Jorge ke Yamaha," paparnya.

Jorge Lorenzo mengatakan setelah pensiun dirinya selalu punya rencana untuk kembali terlibat di paddock MotoGP. Tawaran Yamaha, katanya, merupakan peran yang sangat cocok saat ini karena telah mengenal dengan sangat baik M-1.

"Yahama sangat cocok dengan gaya balap saya dan saya sangat antusias untuk kembali bertemu dengan motor lama saya," katanya.

Lorenzo memulai debutnya di pentas MotoGP bersama Yamaha pada 2008 dan meraih tiga gelar juara dunia bersama Yamaha yakni pada 2010, 2012 dan 2015. Setelah 9 musim bersama Yamaha, Lorenzo pindah ke Ducati selama 2 musim.

Pebalap Spanyol itu kemudian pindah ke Honda. Cedera yang dialami dan sulitnya beradaptasi dengan motor Honda membuat Lorenzo akhirnya memutuskan pensiun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
MotoGP, lorenzo, yamaha

Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top