Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP: Ini Tiga Faktor yang Membuat Rossi & Lorenzo Puncaki Klasemen

JAKARTA--Kubu Yamaha mengungkapkan tiga faktor penyebab tim Movistar Yamaha bisa menggungguli rival yang lainnya pada ajang MotoGP 2015. Hingga balapan terakhir di Brno, Ceko Yamaha telah menempakan dua pembalapnya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi pada posisi pertama dan kedua dengan perolehan nilasi yang sama.
Duet Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo (kanan) dan Valentino Rossi/MotoGP
Duet Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo (kanan) dan Valentino Rossi/MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA--Kubu Yamaha mengungkapkan tiga faktor penyebab tim Movistar Yamaha bisa menggungguli rival yang lainnya pada ajang MotoGP 2015.

Hingga balapan terakhir di Brno, Ceko Yamaha telah menempakan dua pembalapnya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi pada posisi pertama dan kedua dengan perolehan nilai yang sama.

Yamaha Factory Racing Managing Director Lin Jarvis mengatakan terdapat tiga faktor yang membuat Yamaha sangat kuat musim ini. Pertama, inovasi untuk meningkatkan sepeda motor setalah musim lalu kalah dalam 10 balapan dengan rider Honda Marc Marquez.

"Dominasi Honda pada musim lalu membuat kami berpikir untuk meningkatkan sepeda motor. Itu sudah kami lakukan pada paruh kedua musim lalu," ujarnya seperti dilansir dari halaman MotoGP, Selasa (25/8/2015).

Jarvis menuturkan perbaikan motor juga dilakukan selama musim dingin sehingga membuahkan hasil yang baik. Beberapa pengaturan yang ditingkatkan ialah pengereman dan akselerasi.

Faktor kedua, jelasnya, ialah kedua rider Yamaha bekerja keras untuk lebih kompetitif. "Mereka tiba di awal musim dengan kondisi yang sangat siap dan sangat lapar [kemenangan]. Saya pikir itu dua faktor utama," paparnya.

Jarvis melanjutkan faktor tambahan lainnya ialah kondisi pesaing yang kurang beruntung. Marquez, jelasnya, masih berjuang dengan sepeda motornya, sementara Dani Pedrosa mengalami cedera.

"Marc membuat tiga kesalahan ketika ia tiga kali jatuh. Itu adalah sisi keberuntungan kami," tambahnya.

Jarvis melanjutkan dirinya sulit untuk memprediksi siapa yang akan keluar menjadi pemenang pada musim ini. Namun, dia berharap dua rider Yamaha terus bisa naik podium.

"Ada banyak poin yang masih tersedia, tapi kami tidak berpikir Marc membuat kesalahan dan keluar dari persaingan. Oleh karena itu kami harus terus menang balapan," tutupnya.

Adapun, pada balapan terakhir Lorenzo berhasil menang sekaligus menggeser rekan setimnya, Rossi dari puncak klasemen. Baik Lorenzo ataupun Rossi sama-sama mengoleksi 211 poin, sementara pesaing terdekat atau pada posisi ketiga ditempati oleh rider Honda, Marc Marquez dengan 159 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler