Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisniscom, JAKARTA—Subhan Aksa berhasil menyelesaikan dua hari persiapannya menuju seri pamungkas Word Rally Championship dan World Rally Championship-2  atau Rally Inggris yang akan berlangsung pada akhir pekan ini di Flilntshire, Wales.

Tim media Subhan Aksa dari Wales kepada Bisnis hari ini, Rabu (13/11/2013) melaporkan, selama dua hari survei atau recce, dijalani Subhan Aksa dengan jadual yang sangat padat. Di beberapa Special Stage (SS) baru dia bahkan mengulang-ulang guna memantapkan pacenote sebagai panduan dalam balapan.

“Meski cuma survei, untuk sekedar lewat saja sudah terhampar tantangan dan perjuangan tersendiri. Ini ujian awal untuk mobil maupun kami di dalam kokpit. Tidak tertutup kemungkinan kondisi sama dihadapi saat lomba,” katanya.

Subhan Aksa  yang didampingi navigator Nicola Arena dari Italia serta berlaga atas nama Bosowa Fastron Rally Team (BFRT) merupakan satu-satunya pembalap dari Asia Tenggara di kancah kejuaraan dunia reli mobil 2013.

Pada hari pertama dia menghabiskan waktu survey atau persiapan selama 11 jam 45 menit untuk melintasi trek sepanjang 300 km yang terdiri dari lintasan gravel kering. Untuk sejauh itu dalam lintasan normal hanya membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam.

Pada hari kedua, Rabu (13/11) waktu setempat, kondisi lintasan nyaris sama. Kalau sebelumnya persiapan Subhan fokus pada setiap SS yang akan dilintasi.

“Seperti di Rally Spanyol, persiapan tersendiri kami lakukan untuk lomba malam hari. Itu akan sangat menentukan perjalanan pda SS berikutnya. Tidak bisa hanya dengan berhati-hati saja, tapi juga tidak bisa habis-habisan. Semuaya akan bergantung pada kondisi saat balapan.”

Itu sebabnya dia sangat disiplin menjaga kondsi fisik. Setiap pagi melakukan olahraga ringan di hotel  disertai asupan makanan sehari-hari. Wales Rally Great Britain ini akan dilaksanakan pda  22 SS.  Jadi tidak hanya membutuhkan kondisi mobil yang prima dan skill mumpuni di balik kemudi.

Akan te tapi juga kondisi mental dan fisik harus sama baiknya. Terlebih dalam kompetisi terakhir ini seluruh peserta siap berjibaku untuk mengatrol posisi masing-masing pada klasemen akhir.

“Insya Allah kami sudah siap dari semua aspek.  Persiapan awal sudah maksimal. Kondisi mobil juga prima. Semoga saja hasilnya bisa lebih baik dari Spanyol,” kata Subahn berharap yang finish pada 4 besar kelas WRC-2 di Rally Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler