Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Formula 3 Eropa: Sean Gelael Siap Taklukan Sirkuit Zandvoort Belanda

Bisnis.com, JAKARTA- Pembalap Indonesia berusia 16 tahun, Sean Gelael akan kembali bertarung untuk kedua kalinya pada tahun ini di sirkuit Zandvoort-Belanda, dan kali ini ia akan berlaga dalam Kejuaraan Formula 3 Eropa.Sebelumnya Sean menjalani balapan

Bisnis.com, JAKARTA- Pembalap Indonesia berusia 16 tahun, Sean Gelael akan kembali bertarung untuk kedua kalinya pada tahun ini di sirkuit Zandvoort-Belanda, dan kali ini ia akan berlaga dalam Kejuaraan Formula 3 Eropa.

Sebelumnya Sean menjalani balapan yang sangat berat akhir minggu lalu pada Kejuaraan Formula 3 Inggris di Nurburgring Jerman.

Keterangan resmi yang diterima Bisnis pada Rabu (25/9/2013) menyebutkan dalam 4 minggu ke depan, akan dilakukan 3 seri terakhir Kejuaraan Formula 3 Eropa, yang akan dimulai dari Zandvoort,  yang pernah menjadi tuan rumah Formula 1 Grand Prix sampai dengan tahun 1985.

Dengan kesibukan yang luar biasa ini, diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi Sean untuk semakin nyaman mengendarai Double R Racing Dallara-Mercedes tunggangannya.

Bagi Sean, pembalap termuda dan minim pengalaman diantara 30 pembalap yang  bertanding, tahun ini merupakan tahun pembelajaran yang berat.

Tetapi, pada seri terakhir di Kejuaran Formula 3 Eropa di Nurburgring, Sean berhasil menempatkan dirinya semakin dekat dengan 10 pebalap terbaik yang bisa mendapatkan poin, di mana Sean mampu meraih posisi ke 13.

Sean juga sebelumnya pernah berlaga di Zaandvort pada bulan Juli, di seri non kejuaraan Masters Formula 3. Sayangnya, pada saat itu Sean mengalami kecelakaan dan tidak berhasil menyelesaikan pertandingan, tetapi kali ini Sean berharap untuk tidak mengulangi hasil yang pernah diperoleh sebelumnya itu.

Lintasan sirkuit  Zandvoort ini sangat sulit untuk ditaklukan, khas sirkuit Eropa yang dibuat sekitar tahun 1940 sampai dengan 1950an. Sirkuit ini memiliki tikungan-tikungan berkarakter cepat yang membutuhkan konsentrasi maksimal dari para pebalap, dan juga keyakinan penuh akan kecanggihan aerodinamika dan grip dari kendaraan Formula 3.

Dengan adanya tikungan-tikungan yang panjang dan cepat, mengakibatkan susul menyusul antar pebalap akan menjadi sulit, karena berada dekat di belakang pebalap lain akan mengakibatkan berkurangnya cengkraman aerdonimakia di bagian depan kendaraan. Sehingga sesi kualikfikasi menjadi penting.

“Sangatlah menyenangkan untuk dapat kembali berlaga di Nurburgring setelah libur beberapa minggu. Setiap pebalap tentu ingin bertanding, oleh karena itu saya sangat menantikan untuk dapat berlaga di seri demi  seri di akhir musim ini” kata Sean.

Dia mengatakan berlaga di Zandvoort pasti akan menemukan pengalaman tersendiri. Pertarungan di Eropa juga sangat kompetitif. Walaupun dirinya sudah belajar banyak hal selama ini, tetapi para pembalap lain memiliki performa yang baik.

"Oleh karena itu, saya harus mampu untuk berkembang lebih cepat dibandingkan dengan pesaing saya” tambah Sean.

Dirinya berharap berharap untuk dapat melakukan yang terbaik dan mengeluarkan seluruh kemampuan kendaraan pada saat sesi kualifikasi.


Sean berharap mendapatkan poin pada start pertama. Saat ini, lanjutnya merupakan kesempatan yang tepat untuk memberikan performa yang baik.

"Dalam mengakhiri musim balapan tahun ini dan sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan diri, sebelum saya mulai melakukan persiapan untuk tahun 2014” paparnya.

Sesi latihan bebas dan kualifikasi di Zandvoort akan dilakukan pada hari Jumat, 27 September, selanjutnya race pertama dan kedua akan dilakukan pada hari Sabtu, dan race ketiga pada hari Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler