Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medina Raih Norma GM di Kejuaraan Dunia Junior 2013

Bisnis.com, JAKARTA—Pecatur putri Indonesia Master Internasional Medina Warda Aulia akhirnya berhasil meraih gelar norma Grandsmaster-nya di World Junior Chess Championship 2013 di Turki, setelah mengalahkan Master FIDE LAnita Stetsko dari Belarusia,

Bisnis.com, JAKARTA—Pecatur putri Indonesia Master Internasional Medina Warda Aulia akhirnya berhasil meraih gelar norma Grandsmaster-nya di World Junior Chess Championship 2013 di Turki, setelah mengalahkan Master FIDE LAnita Stetsko dari Belarusia, Selasa (24/9/2013).

Kristianus Liem, manajer tim Indonesia dari Kocaeli, Turkim melaporkan kepada Bisnis, kemenangan yang diraih Medina atas lawannya yang memiliki elo rating 2.213, terjadi pada langkah ke-23 pada partai ke-10.

Dengan kemenangan itu Medina meraih 7 poin dari 10 babak.Rata-rata rating lawan yang dihadapinya mencapai 2266. Dalam tabel Direct Titles yang dikeluarkan FIDE per 1 Juli 2013, untuk rata-rata rating lawan 2251-2289 bisa mencapai norma GM Norm.

Persyaratan lainnya, minimum 4 lawan yang dihadapi bergelar GM, 6 orang lain harus mempunyai gelar, 8 orang harus punya rating, serta minimal dari dua negara. Semua persyaratan itu sudah terpenuhi.

Pada klasemen sementara, ranking Medina naik ke posisi ke-5. Pucuk pimpinan tetap dipegang GM Irina Bulmaga (2.387) dari Rumania dengan 8 poin, sekaligus menunjukkan kekuatan aslinya.

 Prestasi lain yang diraih Medina, 16, adalah  mendapatkan gelar Woman Grandmaster-nya dalam usia 16 tahun 2 bulan 16 hari. Medina kelahiran 7 Juli 1997. Berarti dia memecahkan rekor GM yang dicetak GM Irene Kharisma Sukandar.

Medina kelahiran 7 April 1992, mencapai prestasi pada usia 16 tahun 7 bulan 18 hari yang dicatatnya pada Olimpiade ke-38 di Dresden, Jerman 2008.

Atas keberhasilan itu Ketua Umum PB Percasi Hashim S. Djojohadikusumo menyampaikan ucapan selamat melalui telepon internasional. “Kita akan membuat acara syukuran di Jakarta,” lata Hashim seperti diucapkan Kristienus Liem.

Penasehat PB Percasi, Eka Putra Wirya, yang selalu menonton pertandingan Medina dan kawan-kawan secara live, juga mengirimkan ucapan selamat setelah pertarungan Medina selesai.

Namun 3 pecatur Indonesia lainnya mengalami kekalahan.  MI Chelsie Monica Sihite (2.282) kalah dari MI Khademalsharieh Sarasadat (2.303) dari Iran pada langkah ke-41 pembukaan Reti.  Chelsie meraih 5,5 poin dan posisinya merosot ke peringkat ke-27 dari 77 peserta.

 Di bagian putra, Muhammad Luthfi Ali (2.277) kalah dari MI Marcel Kanarek (2.483) dari Polandia pada langkah ke-53 pertahanan Sisilia Naga. Luthfi tetap dengan 6 poin dan peringkatnya merosot satu tingkat keurutan 20 dari 118 peserta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler