Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Performa Buruk, McLaren Bakal Pecat Ricciardo Akhir Musim Ini

Pebalap Formula1 Daniel Ricciardo akan meninggalkan tim McLaren pada akhir musim ini.
Pebalap McLaren, Daniel Ricciardo/Planet F1
Pebalap McLaren, Daniel Ricciardo/Planet F1

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap Formula1 Daniel Ricciardo akan meninggalkan tim McLaren pada akhir musim ini.

Tim tersebut menyatakan bahwa mereka dan pebalap asal Australia itu sudah sepakat  untuk berpisah, tetapi McLaren mengakui bahwa mereka telah mempercepat langkah tersebut.

Pengumuman itu diharapkan diikuti dengan konfirmasi bahwa McLaren telah menandatangani kontrak dengan pembalap Oscar Piastri yang berasal dari Australia. Dia merupakan juara Formula2 dan cadangan di tim Alpine.

Dilansir dari BBC, Rabu (24/8/2022), McLaren mengatakan mereka akan mengkonfirmasi susunan pembalap 2023. Akan tetapi, tim itu menyatakan bahwa mereka akan mengumumkan pada suatu waktu yang dianggap tepat. Sejauh ini tim itu sudah memiliki Lando Norris yang dikontrak hingga akhir 2025.

McLaren telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak Ricciardo setahun lebih awal setelah apa yang mereka anggap penampilan tidak memuaskan dari pemenang seri delapan kali itu. Rerata waktu yang dibukukan Ricciardo 0,356 detik lebih lambat dari Norris di kualifikasi musim ini, dan lolos tiga tempat lebih rendah.

Adapun Norris lima tempat lebih tinggi di kejuaraan, ketujuh dibandingkan dengan ke-12, setelah mencetak 76 poin sementara Ricciardo 19 poin. Ricciardo memang memenangi perlombaan untuk McLaren, di Grand Prix Italia tahun lalu, tetapi secara keseluruhan ia tertinggal di belakang Norris pada 2021 juga.

"Ada kontrak dan perlu kesepakatan bersama untuk mengakhirinya lebih awal, tetapi setelah berdiskusi dengan Daniel, kami merasa itu adalah hal yang benar bagi kedua belah pihak untuk berpisah untuk tahun depan.Jika Anda melihat kembali 18 bulan terakhir perjalanan kami bersama, Daniel dan McLaren, jelas kami belum mencapai hasil yang kami inginkan, meskipun ada sorotan seperti kemenangan besar di Monza tahun lalu,” ujar Kepala tim McLaren Andreas Seidl.

“Itulah mengapa kami melakukan banyak diskusi tetapi pada akhirnya kami harus mengakui bahwa kami tidak berhasil bersama meskipun ada komitmen dari pihak Daniel dan semua upaya yang telah dilakukan tim dan itulah mengapa kami mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak pada akhir tahun ini. Ini bukan hasil yang kami inginkan, tetapi kami ingin melakukan semua upaya untuk menyelesaikan hubungan dengan baik,” tambahnya.

Ricciardo mengatakan dalam pernyataan McLaren bahwa dia akan mengumumkan rencananya pada waktunya. Chief Executive Officer McLaren Racing Zak Brown mengatakan pembalap berusia 33 tahun itu ingin melanjutkan di F1.

“Terlepas dari apa yang akan terjadi di bab berikutnya, saya tidak menyesal dan bangga dengan upaya dan kerja yang saya berikan kepada McLaren, terutama kemenangan di Monza, musim lalu. Saya senang bekerja dengan semua orang di McLaren baik di sisi trek maupun di Woking [di pabrik] dan akan memberikan segalanya di dalam dan di luar trek saat kami menikmati sisa musim bersama. Saya tidak pernah lebih termotivasi untuk bersaing dan menjadi bagian dari olahraga yang sangat saya cintai dan menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata Ricciardo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler