Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi, Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 Digelar di UEA

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 rencananya akan digelar di Timur Tengah yakni Uni Emirat Arab (UEA).
Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan/PBSI
Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan/PBSI

Bisnis.com, JAKARTA - Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 rencananya akan digelar di Timur Tengah yakni Uni Emirat Arab (UEA).

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championships (BAC) akan memasuki era baru mulai tahun 2023.

Badminton Asia sebagai panitia acara menggandeng manajemen olahraga di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), sebagai tuan rumah BAC selama lima tahun ke depan.

Kerja sama tersebut diteken pada bulan Juni 2022 di Singapura yang menyatakan bahwa UEA akan menjadi tuan rumah BAC pada 2023-2027.

Format kerja sama yang disepakati dalam pertemuan tersebut hampir serupa dengan kesepakatan antara Badminton Asia dan Wuhan sebagai tuan rumah BAC 2015-2019.

Presiden Badminton Asia, Anton Subowo, mengatakan kesepakatan dengan Uni Emirat Arab merupakan satu gebrakan besar bagi federasi bulu tangkis Asia.

Sebab, untuk kali pertama sejak edisi pertama pada 1962, Kejuaraan Asia akhirnya digelar di wilayah Asia Barat atau acap disebut dengan Timur Tengah.

Selama lebih dari setengah abad berlangsung Kejuaraan Asia hanya pernah digelar di wilayah Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Selatan.

China daratan dengan berbagai kota besar di dalamnya menjadi negara terbanyak menyandang status tuan rumah BAC dengan total 10 kali (1989, 1994-1995, 2011-2012, 2015-2019).

Anton pun berharap agar langkah berani Badminton Asia ini akan semakin meningkatkan popularitas bulu tangkis utamanya di Benua Asia.

"Bulu tangkis adalah salah satu olahraga paling populer dengan partisipasi atlet serta penggemar yang sangat tinggi sepanjang sejarah," kata Anton dikutip dari Inside The Games.

"Tentu akan semakin menarik ketika menggelar kejuaraan Badminton Asia Championships dengan arena baru," ujar Anton.

Badminton Asia Championships sempat beberapa kali berganti format waktu sebelum akhirnya resmi menjadi ajang tahunan sejak 1991 hingga saat ini.

BAC 2022 berlangsung pada bulan April lali di Manila, Filipina. Indonesia meraih satu gelar di nomor ganda putra melalui Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler