Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelar Kejuaraan Piala Presiden, PBSI: Ajang Ini Jadi Sejarah!

Kejuaraan bulu tangkis bertajuk Piala Presiden bakal diinisasi oleh PBSI untuk pertama kalinya pada tahun ini.
Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden bakal digelar 2022 oleh PBSI/Istimewa
Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden bakal digelar 2022 oleh PBSI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kejuaraan bulu tangkis bertajuk Piala Presiden bakal diinisasi oleh PBSI untuk pertama kalinya pada tahun ini.

Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyampaikan akan menggelar kejuaraan bulu tangkis dengan memperebutkan Piala Presiden 2022 yang diadakan untuk pertama kali.

Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna menyampaikan, kejuaraan bulu tangkis Piala Presiden yang baru kali pertama diselenggarakan sejak organisasi PBSI berdiri pada 1951 ini bakal berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, mulai dari 1 — 6 Agustus 2022. Ajang ini memperebutkan total hadiah lebih dari Rp1 miliar.

"Ini merupakan sebuah sejarah baru di Indonesia, di mana digelar sebuah kejuaraan bulu tangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Upaya PP PBSI yang memperjuangkan adanya kejuaraan Piala Presiden, akhirnya bisa terwujud," tutur Agung Firman dalam konferensi pers, Senin (25/7/2022).

Agung mengaku, dalam visi-misi kepengurusan PBSI masa bakti 2020-2024, dirinya memang berambisi ingin menggelar kejuaraan bulu tangkis dengan memperebutkan Piala Presiden.

"Bulu tangkis dengan prestasi yang membanggakan, malah belum pernah sekali pun menggelar Piala Presiden. Di kepengurusan saya, kami ingin menggelar Piala Presiden secara rutin. Dan alhamdulillah kami diberikan kesempatan mulai tahun ini," ujanrya.

Ia menambahkan, proses menggelar Piala Presiden ini cukup kompleks. Sebab, ajang yang baru pertama kali diselenggarakan ini juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit terbaik masa depan bulu tangkis Indonesia.

Menurutnya, langkah tersebut sebagai estafet regenerasi untuk menjaga prestasi dan supremasi bulu tangkis Indonesia di pentas dunia. Selain itu, ajang ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kejuaraan ini, para pemain akan berlaga dengan membela provinsinya masing-masing. Daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak, berhak atas piala bergilir Piala Presiden.

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Presiden Jokowi. Juga kepada PT Adaro Energy Indonesia, Tbk., sebagai sponsor tunggal Piala Presiden 2022. Juga kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kejuaraan ini," kata Agung.

Disampaikan pula bahwa kejuaraan Piala Presiden 2022 total mempertandingkan 11 nomor. Yaitu, tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13); tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15); hingga tunggal dan ganda putra-putri, serta ganda campuran kelompok remaja (U-17).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler