Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pebalap Ferrari Charles Leclerc Amankan Pole Position GP F1 Azerbaijan 2022

Pebalap Ferrari Charles Leclerc mencetak lap terbaik pada babak kualifikasi guna mengamankan pole position Grand Prix Azerbaijan 2022.
Pebalap tim Ferrari Charles Leclerc meraih pole position GP F1 Azerbaijan 2022/Antara/AFP
Pebalap tim Ferrari Charles Leclerc meraih pole position GP F1 Azerbaijan 2022/Antara/AFP

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap Ferrari Charles Leclerc mencetak lap terbaik pada babak kualifikasi guna mengamankan pole position Grand Prix Azerbaijan 2022 pada Sabtu (11/6/2022).

Pebalap Monako itu mencatat waktu terbaik satu menit 41,359 detik dalam upaya terakhirnya di Q3 untuk mengungguli pebalap Red Bull Sergio Perez dalam selisih 0,282 detik.

Rival utama Leclerc, Max Verstappen, yang unggul sembilan poin di klasemen, bakal start dari P3 setelah finis terpaut 0,347 detik.

Sementara Carlos Sainz sempat memegang pole provisional sebelum tiga pebalap memacu lebih kencang dibandingkan dia. Sainz berupaya memperbaiki catatan waktunya di lap terakhir, namun sedikit kesalahan hampir membuat mobil Ferrarinya mencium pagar pembatas sehingga pebalap Spanyol ini harus puas finis P4.

Penampilan Leclerc hari itu mempersembahkan pole keenam baginya dari delapan balapan musim ini dan keempat kalinya secara beruntun.

Itu membuat pebalap berusia 24 tahun itu sebagai yang pertama meraih dua pole di sirkuit jalan raya Baku setelah tahun lalu dia juga start terdepan di Azerbaijan.

Baca juga: Leclerc kalahkan Perez pada hari pertama sesi latihan GP Azerbaijan

"Saya tidak menyangka ini dan saya kira Red Bull lebih kuat," kata Leclerc seperti dikutip Reuters.

"Di lap terakhir semuanya berjalan baik," kata Leclerc setelah meraih pole ke-15 dalam kariernya itu.

Verstappen dan Perez bergantian mencetak lap tercepat dalam daftar catatan waktu pada dua babak awal kualifikasi.

Akan tetapi, Perez mengalami masalah pada mesinnya sedangkan Verstappen yang terdengar frustrasi di radio, mengatakan mobilnya tidak cukup cepat untuk mengimbangi laju Ferrari, rivalnya.

George Russell melengkapi peringkat lima besar, sedangkan rekan satu timnya di Mercedes, Lewis Hamilton, finis P7 di belakang Pierre Gasly dari tim AlphaTauri.

Yuki Tsunoda membawa mobil AlphaTauri kedua di P8, mengungguli dua pebalap veteran Sebastian Vettel (Aston Martin) dan Fernando Alonso (Alpine).

Q2 menghasilkan kedua pebalap McLaren dan Alfa Romeo tereliminasi: Lando Norris di P11 dan Daniel Ricciardo di P12; sedangkan Zhou Guanyu dan Valtteri Bottas di P14 dan P15.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler