Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PBSI Angkat Bicara Soal Dugaan Keracunan Makanan Peserta Indonesia Masters 2022

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) angkat bicara terkait dengan insiden keracunan yang menimpa sejumlah atlet di Indonesia Masters 2022.
Suasana gelaran Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan /Bisnis-Akbar Evandio
Suasana gelaran Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan /Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) angkat bicara terkait dengan insiden keracunan yang menimpa sejumlah atlet di Indonesia Masters 2022.

Kepala Bidang (Kabid) Humas dan Media, Broto Happy W, mengatakan sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan resmi dari manajer tim terkait dugaan keracunan makanan di Indonesia Masters 2022.

"Belum ada laporan resminya. Soal makanan dan asupan gizi kan dilakukan oleh pihak hotel," ujar Broto Happy di Istora Senayan, Jumat (10/6/2022).

Berdasarkan informasi yang viral di berbagai platform media sosial, atlet mengalami keracunan makanan berasal dari Malaysia, di mana disebutkan yang terkonfirmasi terindikasi keracunan makanan berjumlah lima orang.

"PBSI saat ingin meluruskan berita yang simpang siur, perlihal atlet keracunan. PBSI berkomunikasi dengan pihak hotel. Kami akan cari fakta, atlet makan di mana, apakah keracunan karena sarapan atau bagaimana, yang pasti kami ingin peristiwa ini tidak meluas," tutur Broto.

Lebih lanjut, Broto menjelaskan, PBSI telah menempatkan atlet peserta Indonesia Masters untuk bermalam di Hotel Century dan Fairmont, Jakarta. Namun, ditegaskan bahwa panitia pelaksana (panpel) tidak menyuplai pasokan makanan.

Dia menjabarkan, untuk sarapan pihak hotel yang menyediakan makanan, sementara untuk kebutuhan makan siang dan malam seluruhnya dikembalikan kepada atlet.

"Jadi, selama ini panitia di turnamen mana pun tidak handle makan siang sampai malam. Panitia hanya minta ke hotel, agar menu sarapan dibedakan dengan tamu lain. Itu dilakukan demi menjaga atau memudahkan kalau-kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Dia menjelaskan, menu sarapan yang dibedakan adalah lokasi makan atlet agar tidak bersama dengan tamu-tamu lain sehingga dapat tetap menjaga keamanan pasokan makanan atlet.

Broto pun menegaskan, PBSI dan panitia akan terus menelusuri lebih dalam penyebab ada kemungkinan hal ini menimpa atlet dari negara lain.

Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan resmi dari manajer tim lainnya. Terkonfirmasi terdapat lima orang, semuanya dari Malaysia dan tidak ada yang bermain hari ini.

Selanjutnya, semua atlet tersebut dikonfirmasi telah dibawa ke rumah sakit netral yaitu yang tidak bekerja sama dengan PBSI atau hotel. Hal ini dilakukan untuk meraih hasil diagnosis yang lebih spesifik.

Sekadar informasi, ganda campuran Malaysia Chan Peng Soon diduga mengalami keracunan makanan yang membuatnya diare dan terpaksa mengundurkan diri dari turnamen Indonesia Masters 2022.

Broto melanjutkan, selain Chan Peng Soon masih ada pemain Malaysia lainnya yang juga mengalami diare dan sudah dibawa ke rumah sakit. "Kami masih menunggu hasilnya," kata Broto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler