Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gagal Dapat Poin Meski Start P2, Pembalap Moto3 Mario Aji Ungkap Alasannya

Pembalap Moto3 asal Indonesia, Mario Suryo Aji, gagal memanfaatkan start apik menjadi poin di GP Portugal.
Mario Suryo Aji Bakal Berlaga di Moto3 Tahun Depan Bela Honda Team Asia/Antara
Mario Suryo Aji Bakal Berlaga di Moto3 Tahun Depan Bela Honda Team Asia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pembalap Moto3 asal Indonesia, Mario Suryo Aji, gagal memanfaatkan start apik menjadi poin di GP Portugal.

Mario Suryo Aji mendapat pelajaran berharga usai membuang kesempatan berharga di Grand Prix (GP) Portugal, Minggu (24/4/2022).

Mario Aji start dari baris terdepan di Moto3 GP Portugal. Sayangnya, hal itu tak membuat Mario Aji mengamankan podium pertamanya musim ini.

Rookie tim Honda Team Asia mengamankan P2 di kualifikasi setelah tampil tercepat di ketiga sesi latihan bebas di Sirkuit Algarve.

Itu merupakan kali kedua bagi Mario Aji start dari baris terdepan, sebelumnya ia memulai GP Indonesia di Sirkuit Mandalika dari P3.

Sang manajer tim, Hiroshi Aoyama, menyebut lintasan basah Sirkuit Algarve cocok dengan gaya membalap Mario Aji dan sang pembalap berharap cuaca serupa mendukungnya saat balapan.

Akan tetapi, balapan justru berjalan dengan kondisi lintasan yang sepenuhnya kering dan tidak sesuai harapan Mario.

Ia pun bertarung dengan rombongan terdepan selama separuh balapan sebelum ban yang aus menghalanginya untuk melaju lebih kencang. Alhasil Mario finis P16, terpaut 0,19 detik dari zona poin.

"Balapan yang berat bagi saya, tapi ada banyak hal positif akhir pekan ini. Mungkin posisi akhir tidak mencerminkan itu, tapi saya senang dengan upaya kami," kata Mario Aji.

"Pada awal lomba, saya bertahan di kelompok terdepan; itu kali pertama bagi saya bertarung dengan mereka. Tapi di paruh kedua balapan, performa ban belakang saya menurun banyak karena saya menekan terlalu keras di tikungan," ujarnya.

Berkaca dari kegagalan ini, Mario Aji siap memperbaiki performanya pada seri-seri Moto3 selanjutnya.

"Saya senang kami tetap bekerja memperbaiki kekurangan kami. Kami akan sering berada di depan, kami butuh waktu," kata Mario.

Rekan satu tim Mario, Taiyo Furusato finis P25 di balapan yang dimenangi oleh Sergio Garcia dari tim GasGas itu.

Jaume Masia dan Ayumu Sasaki melengkapi podium di saat lima pembalap teratas finis dengan jarak kurang dari 0,5 detik.

Garcia memegang kendali puncak klasemen dengan koleksi 83 poin berkat kemenangan keduanya musim ini, dibayangi oleh Dennis Foggia di peringkat dua dengan selisih satu poin. Masia bercokol di peringkat tiga dengan margin 29 poin.

Mario sementara ini berada di peringkat 24 klasemen pembalap Moto3 dengan dua poin yang ia raih ketika finis P14 di Mandalika.

Kedua pembalap rookie Honda Team Asia itu akan kembali menimba pengalaman di tahun debutnya saat MotoGP menuju ke Jerez, Spanyol, akhir pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler