Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pebalap asal Yamaha Andrea Dovizioso Ungkap Tantangan Sirkuit di Mandalika

Juara Dunia kelas 125cc tahun 2004 ini memuji bukit dan pantai yang indah di sekitar Sirkuit Mandalika.
Andrea Iannone (kiri) dan Andrea Dovizioso/Youtube
Andrea Iannone (kiri) dan Andrea Dovizioso/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA -- Pembalap asal Italia dari tim RNF Yamaha, Andrea Dovizioso, mengaku kagum saat menjajal hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat, 11 Februari 2022.

Dikutip melalui Speedweek, Juara Dunia kelas 125cc tahun 2004 ini mengatakan sangat kagum dan menyukai Sirkuit Mandalika yang memiliki pemandangan perbukitan dan laut yang indah.

Namun, Dovi menyebut suhu panas di Mandalika akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap.

"Rutenya terlihat bagus, cukup cepat dan pendek. Namun, suhu udara di sini bisa lebih panas daripada di Sepang. Matahari di sini sungguh gila, betapa panasnya itu. Jadi kita harus melihat bagaimana aspal. Ini juga pengalaman pertama dengan Michelin [ban motor] di sini. Ini pertama kalinya bagi semua orang," katanya, dikutip dari Speedweek, Jumat (11/2/2022).

Mantan Pebalap Ducati itu menambahkan bahwa semua tim dan pembalap sama-sama memulai dari nol dalam hal beradaptasi dengan sirkuit baru di Indonesia.

"Ada banyak detail yang belum dapat Anda ketahui sebelumnya. Tapi, selalu menyenangkan berada di trek baru dan mempelajari rute baru," ujarnya

Pembalap 36 tahun tersebut mengatakan kejuaraan World Super Bike (WSBK) yang telah digelar di Mandalika pada 2021 sedikit membantu Yamaha dalam mendapatkan data motor di sirkuit Mandalika.

Penyabnya, di gelaran WSBK Mandalika pada November 2021 tim Yamaha yang diwakil Toprak Razgatlioglu berhasil keluar sebagai yang tercepat kedua.

"Kami beruntung Kejuaraan Dunia Superbike sudah diadakan di sini, jadi kami, bahkan setiap pabrik sudah memiliki data dari Superbike, dengan itu [Data WSBK] kami tidak benar-benar memulai dari awal, itu akan banyak membantu ketika kami pertama kali memulai, misalnya untuk gearbox atau detail kecil lainnya. Namun selain dari hal-hal itu, itu mulai dari awal," tutur Andrea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler