Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa itu WADA dan Aturan AntiDoping? Ini 7 Fakta yang Perlu Anda Ketahui 

Simak 7 fakta tentang WADA dan aturan antidoping untuk atlet yang berlaku di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 
Kantor pusat Lembaga Anti-Doping Dunia (WADA) di Montreal, Kanada./Reuters-Christinne Muschi
Kantor pusat Lembaga Anti-Doping Dunia (WADA) di Montreal, Kanada./Reuters-Christinne Muschi

Aturan Whereabouts Atlet

4. Dimana aturan Whereabouts berlaku?

Aturan Whereabouts adalah bagian dari Standar Internasional untuk Pengujian dan Investigasi (ISTI). ISTI wajib bagi Organisasi AntiDoping (ADO, termasuk IF, NADO, Penyelenggara Pertandingan Besar, dll.) yang telah mengadopsi Kode Anti-Doping Dunia (dokumen yang menyelaraskan aturan anti-Doping di semua olahraga).

5. Apakah semua atlet tunduk pada peraturan Whereabouts?

Tidak. Peraturan Whereabouts adalah untuk jumlah terbatas atlet tingkat atas yang berada di kelompok pengujian terdaftar baik IF atau NADO mereka.

Mereka dirancang untuk memberi para atlet tingkat atas itu alat yang fleksibel untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap olahraga bebas doping, serta perlindungan privasi yang tepat, memadai, dan efektif.

WADA tidak bertanggung jawab untuk memutuskan siapa yang harus menjadi bagian dari kumpulan pengujian terdaftar ini. IF diberi keleluasaan tentang siapa yang harus tunduk pada ketentuan ini secara internasional, dan NADO diberi keleluasaan untuk membuat kumpulan pengujian terdaftar di tingkat nasional.

Merupakan rekomendasi WADA bahwa kumpulan pengujian yang terdaftar harus berukuran proporsional dan dapat dikelola dan fokus pada atlet elit internasional dan nasional teratas.

6. Apakah atlet harus memberikan dan memperbarui informasi Whereabouts mereka sendiri?

Atlet dapat meminta agen mereka atau perwakilan lain untuk mengirimkan informasi keberadaan mereka jika mereka menginginkannya. Dalam olahraga tim, informasi keberadaan dapat disampaikan oleh ofisial tim secara kolektif sebagai bagian dari kegiatan tim.

Namun, atlet pada akhirnya bertanggung jawab atas keberadaan mereka. Akibatnya, mereka tidak dapat menghindari tanggung jawab dengan menyalahkan perwakilan mereka atau tim karena mengajukan informasi yang tidak akurat tentang keberadaan mereka.

Bisa juga karena tidak memperbarui keberadaan mereka jika mereka tidak berada di lokasi yang ditentukan oleh mereka selama slot waktu 60 menit.

7. Apakah WADA hanya menguji atlet yang tunduk pada persyaratan Whereabouts?

Tidak. Persyaratan Whereabouts adalah alat praktis untuk membantu ADO melakukan pengujian di luar persaingan yang efektif.

Terlepas dari apakah mereka telah dipilih untuk menjadi bagian dari kelompok pengujian terdaftar, atlet masih dapat diuji di luar kompetisi oleh IF mereka, NADO mereka atau ADO lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler