Jokowi Janji Berusaha Saksikan Laga Asian Games 2018

Presiden Joko Widodo menyatakan akan berusaha untuk datang memberi semangat kepada atlet Indonesia yang bertanding di Asian Games 2018.
Yodie Hardiyan | 20 Agustus 2018 13:20 WIB
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri) disaksikan Menko PMK Puan Maharani (kiri) saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung karno , Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--- Presiden Joko Widodo menyatakan akan berusaha untuk datang memberi semangat kepada atlet Indonesia yang bertanding di Asian Games 2018.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden seusai menyaksikan final wushu nomor taijijian di Hall B Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8/2018) dimana final itu dimenangkan atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok. Lindswell mengoleksi poin 9,75 dan meraih medali emas kedua untuk kontingen Merah-Putih.

Presiden merasa senang dan bangga atas prestasi Lindswell tersebut.

"Di sana emas, di sini emas. Wah, yang nonton juga senang, penampilannya juga mendekati sempurna dengan nilai 9,75. Dengan hasil ini, (Indonesia) juga belum tentu 10 besar, bisa saja nanti delapan besar atau ya hahaha. Pokoknya ada waktu saya akan datang memberikan semangat kepada atlet yang sedang bertanding," kata Presiden seperti dikutip dari keterangan tertulis yang disiarkan oleh Biro Humas dan Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senin (20/8/2018).

Selain menyaksikan secara langsung final wushu ini, Presiden pada sehari sebelumnya, Minggu (19/8/2018), juga menyaksikan final taekwondo yang dimenangkan oleh Defia Rosmaniar. Defia memperoleh medali emas pertama bagi Indonesia. Presiden menyaksikan aksi Defia sejak di semifinal.

"Saya datang ingin memberi semangat setelah kemarin sore di taekwondo juga mendapatkan emas, pagi ini kembali kita mendapatkan emas dari Lindswell, semangat emas ini yang akan terus kita dorong," ucap Presiden saat jumpa pers.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi yang turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo juga merasa bersyukur dan bangga. "Terima kasih kepada CdM (Chef de Mission) dan Ketua Umum yang terus mendampingi, hari ini kita mendapatkan emas dari Lindswell dari pemerintah telah menyiapkan bonus sebesar Rp1,5 miliar, doakan medali emas terus mengalir ke Indonesia, sejauh ini semua masih sesuai rencana," tutur Menpora.

Di samping itu, Ketua Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto merasa bangga target satu emas untuk Wushu telah tercapai. "Kita bersyukur Bapak Presiden hadir, Pak Menpora hadir, Pak CdM hadir memberikan semangat sehingga hasilnya alhamdulillah, masih ada pertandingan kita harap atlet yang lain juga berprestasi," katanya.

Senada, Pelatih Wushu Putri, Novita juga merasa bersyukur anak didiknya diberikan kelancaran sehingga wushu Indonesia mampu meraih medali emas. "Medali emas ini memang sudah harapan kita bersama dan target itu memang di Lindswell sesuai dengan program dan tujuan latihan dan hasilnya alhamdulillah tercapai," ucapnya.

Di hari sebelumnya Lindswell juga turun di nomor taijiquan dan berhasil meraih poin yang sama 9,75. "Di dua Asian Games, yang pertama aku goyang gak dapat medali, lalu empat tahun lalu perak, jadi ini memang target saya," ujar Lindswell usai bertanding.

Menurutnya, pelatih menjadi hal penting dalam setiap pertandingan, mereka memberikan semangat hingga menghibur. "Pelatih selalu ingatkan untuk tampil seperti latihan, rasa takut pasti ada tapi harus kontrol sendiri, mereka terus mencoba hibur dan mencoba tak terlihat gugup di hadapan kami, pokoknya dari kemarin fokus fokus fokus biar tampil maksimal," ujarnya.

Tag : jokowi, asian games 2018
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top