ASIAN GAMES 2018: Target Sponsorship Rp1,5 Triliun

Pemerintah menargetkan pemasukan sebesar Rp1,5 triliun dari sponsor untuk biaya Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.
Newswire | 30 Maret 2017 14:30 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) didampingi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (kiri) dan Menpora Imam Nahrawi (kanan) bersiap melakukan rapat Asian Games 2018 di Kemenpora, Jakarta, Rabu (15/3). - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -  Pemerintah menargetkan pemasukan sebesar Rp1,5 triliun dari sponsor untuk biaya Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

"Targetnya antara Rp1 triliun sampai Rp1,5 triliun kita harapkan dapat tercapai," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Menurut Puan, pemerintah telah mematok dana APBN untuk penyelenggaraan Asian Games sebesar Rp4,5 triliun di luar pembangunan dan renovasi sarana olahraga.

"Kalau total infrastruktur langsung mencapai 10 triliun," kata dia.

Biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk pembangunan Wisma Atlet dan renovasi infrastruktur olahraga di Jakarta dan Palembang mencapai Rp20 triliun.

Untuk penyelanggaraan Asian Games 2018, Organising Committee (INASGOC) atau komite penyelenggara Asian Games 2018 menganggarkan Rp 8,7 triliun sebagai biaya pesta olahraga se-Asia tersebut.

Menko PMK mengatakan untuk mengawasi keterlibatan sponsor dalam penyelenggaraan Asian Games 2018, INASGOC melibatkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk menjaga akuntabilitas kemitraan dengan swasta.

"Semua perlu diawasi untuk menjaga akuntabilitas penyelenggaraan Asian Games ini," kata dia.

Menko PMK Puan Maharani hadir dalam rapat yang dipimpin Wapres RI Jusuf Kalla untuk membahas pelibatan sektor swasta dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

Hadir pula dalam rapat tersebut, yakni Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan perwakilan Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Asian Games 2018

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top