Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tour de Banyuwangi Ijen: Prades Masih Teratas

Jason Christie dari Kenyan Riders Downunder Kenya menjuarai Etape 3 International Tour de Banyuwangi Ijen atau ItdBI 2016 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat (13/5/2016).
Peserta Tour de Banyuwangi Ijen memacu kecepatan di Taman Sritanjung, Banyuwangi, pada Jumat (13/5/2016)./Antara-Budi Candra Setya
Peserta Tour de Banyuwangi Ijen memacu kecepatan di Taman Sritanjung, Banyuwangi, pada Jumat (13/5/2016)./Antara-Budi Candra Setya

Bisnis.com, BANYUWANGI - Jason Christie dari Kenyan Riders Downunder Kenya menjuarai Etape 3 International Tour de Banyuwangi Ijen atau ItdBI 2016 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat (13/5/2016).

Pebalap berkebangsaan Selandia Baru itu menguasai etape sejauh 127,1 km yang berangkat dari Grand Watudodol dan berakhir di Taman Blambangan di Kota Banyuwangi dengan catatan waktu 02:55:57.

Kemenangan Christie mulai terlihat ketika dia mampu melesat dan meninggalkan peleton atau rombongan besar bersama dengan 16 pebalap lain dalam rute flat tersebut.

Proses Christie menuju garis finis juga tidak perlu adu sprint berkelompok, seperti biasanya. Dia meninggalkan grup atau breakaway sejak 2 km terakhir.

Juara nasional Selandia Baru itu kemudian melaju sendirian di garis finis dengan selisih 33 detik dari pesaing terdekatnya Ma Guangdong (Wisdom-Hengxiang Cycling Team).

"Awal balapan sangat berat bagi saya. Selama mengikuti grup terdepan, saya hanya berada di barisan belakang. Tapi pada 2 km terakhir, saya mulai menyerang dan akhirnya bisa menang," kata Christie.

Pada hari ketiga pelaksanaan ITdBI 2015 iru, 17 pebalap langsung melarikan diri begitu mereka memasuki 30 km pertama.

Di antara pebalap yang memacu diri antara lain juara etape pertama Donghyun Shin asal Korea Selatan yang tergabung dalam LX-IIBS Cycling Team, Muhammad Taufiq (BRCC), dan Ma Guangdong (Wisdom-Hengxiang Cycling Team).

Mereka yang melakukan aksi breakaway itu adalah para pebalap dengan kemampuan sprinter, sementara para peraih predikat king of mountain (KoM) atau raja tanjakan seperti juara ITdBI 2015 Peter Pouly (Singha Infinite Cycling Team), pemegang yellow jersey Benjamin Prades (Tim UKYO), Dadi Suryadi (Terengganu Cycling Team), Hari Fitrianto (Black Inc Cycling Team), dan Daniel Whitehouse (Terengganu Cycling Team) tetap bertahan di dalam peleton.

Selisih antara peleton dan grup breakaway terus memanjang hingga mencapai 4 menit. Baaru ketika rute di dalam kota itu tinggal dua putaran, rombongan dalam peleton mencoba mengejar hingga selisih waktu mereka mencapai 1 menit lebih.

Sementara itu, kemenangan Jason Christie tidak mengubah klasemen umum karena Benjamin Prades tetap menguasai yellow jersey.

"Saya sudah memperhitungkan. Kami membiarkan mereka melarikan diri karena bagi kami mereka tidak penting. Selama selisih waktu masih dalam jangkauan, apa pun yang mereka lakukan saya masih mengenakan yellow jersey,” kata Prades, pebalap Spanyol.

Prestasi Christie menjadi klimaks dari upaya kerasnya sejak etape pertama ITdBI. Sejak awal balapan, dia sudah tampil agresif.

Dia selalu melakukan breakaway. Di etape pertama dia gagal juara karena berhasil disusul oleh pebalap dalam peleton. Di etape kedua, breakaway dia hanya menghasilkan dua kemenangan di KoM.

Baru di etape ketiga, breakaway yang dia lakukan membuahkan hasil. Ini kemenangan kedua Christie sepanjang keikutsertaannya dalam ajang ITdBI sejak 2013. Pada tahun kedua ITdBI, Christiemenjuarai etape satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler