Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eulis Komariah Kembali Juara Taichi di Taiwan

Atlet taichi asal Bandung, Jawa Barat, Eulis Komariah, memborong sejumlah gelar di kejuaraan Formosa Cup di Hsinchu, Taiwan.
Eulis Komariah/www2.kdei^taipei.org
Eulis Komariah/www2.kdei^taipei.org

Bisnis.com, JAKARTA - Atlet taichi asal Bandung, Jawa Barat, Eulis Komariah, memborong sejumlah gelar di kejuaraan Formosa Cup di Hsinchu, Taiwan.

"Alhamdulillah juara lagi. Terima kasih doanya," katanya dalam keterangan tertulisnya pada Senin (25/4/2016).

Dalam kejuaraan yang berlangsung di kota yang berjarak sekitar 85 kilometer arah barat laut Ibu Kota Taiwan itu di Taipei pada 17-18 April 2016 itu, Eulis meraih juara pertama untuk peragaan jurus taichi ke-13. Di samping itu, juara pertama jurus ke-37 dan juara ketiga jurus golok ke-61.

Perempuan yang bekerja sebagai perawat orang tua di Pingtung County itu merupakan satu-satunya atlet taichi bukan warga negara Taiwan yang aktif mengikuti kejuaraan.

Sejak 2012 hingga April 2016, Eulis telah mengikuti 25 kali kompetisi, termasuk beberapa kali kejuaraan dunia taichi yang digelar di Taiwan.

Sebelumnya, dia juga berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Kejuaraan Dunia Taichi di Taipei pada 18-19 Oktober 2014 dengan memborong tiga medali emas dan satu medali perak.

Prestasi Eulis pada 2014 lebih bagus karena pada kejuaraan yang sama di Touyuan 2 tahun sebelumnya hanya mendapatkan dua medali perak.

Di sela-sela kesibukannya, dia mengajarkan jurus-jurus taichi kepada para nelayan asal Indonesia di Pingtung County dan sekitarnya.

Dia menjelaskan taichi bukan sekadar olahraga bela diri, tapi juga salah satu seni olah pernafasan yang berkembang di China sejak dahulu kala. Dia belajar taichi sejak 4,5 tahun yang lalu dari majikannya, Liu Yushia.

Selama mengikuti kejuaraan itu pula, dia berhasil mengoleksi enam medali emas, tiga medali perak, enam medali perunggu, dan empat trofi untuk perorangan.

Sementara untuk tim, Eulis meraih empat tropi, sekali juara harapan pertama, dan dua kali juara harapan kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler