Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEJUARAAN DUNIA TAICHI: Sumbang 3 Medali Emas, TKW Ini Harumkan Indonesia

Eulis Komariah berhasil mengharumkan nama Indonesia di Kejuaraan Dunia Taichi di Taipei, Taiwan, pada 18-19 Oktober 2014 dengan memborong tiga medali emas dan satu medali perak.
Euis Komariah. /www2.kdei-taipei.org
Euis Komariah. /www2.kdei-taipei.org

Bisnis.com, TAIPEI - Eulis Komariah berhasil mengharumkan nama Indonesia di Kejuaraan Dunia Taichi di Taipei, Taiwan, pada 18-19 Oktober 2014 dengan memborong tiga medali emas dan satu medali perak.

"Saya bahagia sekali bisa mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan dunia ini," ujarnya seusai memeragakan beberapa jurus taichi di ajang The Fifth World Cup Taichi Chuan Championship yang diikuti peserta dari sejumlah negara termasuk Taiwan sebagai tuan rumah di Taipei Arena itu, Minggu (19/10/2014).

Perempuan berusia 46 tahun yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Pingtung County itu meraih empat keping medali dari peragaan 37 jurus dan 13 jurus pada bagian putri.

"Saya hanya punya kesempatan berlomba sehari saja. Mungkin kalau dari kemarin, saya bisa meraih empat medali emas," ujar ibu dua anak yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, itu.

Prestasi Eulis pada tahun ini lebih bagus karena pada kejuaraan yang sama di Touyuan, Taiwan, dua tahun lalu hanya mendapatkan dua medali perak.

Di sela-sela kesibukannya merawat orang tua jompo di kota pelabuhan yang berjarak sekitar 300 kilometer arah selatan Ibu Kota Taiwan di Taipei itu, dia mengajarkan jurus-jurus taichi kepada para nelayan asal Indonesia.

Taichi bukan sekadar olahraga bela diri, lanjut dia, melainkan juga salah satu seni olah pernafasan yang berkembang di China sejak dulu kala. "Saya belajar taichi sejak 3,5 tahun yang lalu dari majikan saya di Pingtung," ujar Eulis yang sudah 7 tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Taiwan itu.

Sepulangnya dari Taiwan, dia bertekad akan mengembangkan ilmu bela diri khas masyarakat China itu di Tanah Air. "Saya ingin ada bibit-bibit atlet taichi di Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler