Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tour de Banyuwangi Ijen: Irlandia & San Marino Ikut Serta

Penyelenggara International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 menargetkan 20 tim luar negeri ikut berlaga pada ajang tahunan yang kali ini akan digelar 11 hingga 14 Mei itu.
Tour de Banyuwangi Ijen 2015/Antara-Zabur Karuru
Tour de Banyuwangi Ijen 2015/Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, BANYUWANGI - Penyelenggara International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 menargetkan 20 tim luar negeri ikut berlaga pada ajang tahunan yang kali ini akan digelar 11 hingga 14 Mei itu.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ketika dihubungi dari Banyuwangi, Jawa Timur, menjelaskan sejumlah tim papan atas Asia dipastikan turut bertanding di antaranya Pishgaman Giant Team, Skydive Dubai Al Ahli, dan Tabriz Shadari Team yang merupakan juara 1, 2, 3 di Asia.

"Pebalap daratan Eropa pun telah memastikan akan berlaga di ITdBI. Timnas San Marino dan Tim Nasional Irlandia sudah konfirmasi. Pebalap dari Benua Amerika juga dipastikan hadir. Jadi tim luar negeri yang sudah memastikan berlaga hingga sekarang ada 14 tim," katanya.

ITdBI 2016 terdiri atas empat etape sepanjang 567 kilometer. Rute ini ditempuh dengan melintasi berbagai destinasi wisata, mulai wisata pantai, perkebunan, sentra pertanian, city tour, hingga kaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena api biru-nya.

Menurut Anas, tanjakan menuju kaki Gunung Ijen adalah salah satu tanjakan paling ekstrem di Asia karena berada di ketinggian 1.871 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan kemiringan 45 derajat, di atas tanjakan di Malaysia yang hanya berkisar 1.500 mdpl.

"Tahun ini aroma turismenya semakin kuat, karena mengenalkan dua destinasi wisata baru, yaitu Waduk Sidodadi di Glenmore dan Pantai Grand New Watu Dodol di Kalipuro. Kami ingin dua destinasi ini semakin populer dan menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan," katanya.

Khusus di Waduk Sidodadi yang berada di Glenmore, katanya, ITdBI juga dijadikan pengungkit karena di perkebunan Glenmore sedang disiapkan untuk wisata cokelat.

ITdBI yang telah menjadi agenda rutin sejak 2012 itu telah mendapatkan peringkat excellent dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) yang menjadikan ITdBI sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler