Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

World Rally Championship 2013, Ini Pengalaman Baru Subhan Aksa

Pereli Indonesia Subhan Aksa akan menemukan pengalaman baru yang tidak pernah dia alami dalam dunia reli ketika malam ini waktu Spanyol akan memulai seri ke-12 World Rally Championship 2013 di Salou, Spanyol.

Bisnis.com, JAKARTA - Pereli Indonesia Subhan Aksa akan menemukan pengalaman baru yang tidak pernah dia alami dalam dunia reli ketika malam ini waktu Spanyol akan  memulai seri ke-12 World Rally Championship 2013 di Salou, Spanyol.
 
Tim media Subhan dari Spanyol, melaporkan kepada Bisnis, Kamis (24/10), setelah menyelesaikan 3 special stage (SS) pada awal RACC Rally de Espana, start pada pukul 20.30 waktu setempat,  lomba akan berakhir pada pukul 24.00.
 
Setelah menyelesaikan 33 SS di Riudecanves yang merupakan lintasan aspal, maka Subhan akan berlaga pada malam hari hingga subuh. Awal lomba dimulai dengan penampilan peserta World Rally Championship (WRC). Berikutny untuk peserta WRC-2 yang diikuti Subhan.
 
Setelah pulang subuh, lomba dimulai lagi pada pukul 09.05 waktu setempat di lokasi yang sama, Riudecanves. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi dia bersama navigator-nya Nicola Arena dari Italia.
 
 “Itu kondisi yang jarang terjadi, khususnya bagi saya pada reli nasional. Namun ini sekaligus jadi tantangan menarik untuk mencari pengalaman baru. Ini benar-benar pengalaman langka,” ujar Subhan Aksa yang jadi kontestan regular WRC-2 musim 2013.
 
Menghadapi kenyataan itu, hal terpenting yang harus dilakukannya mempersiapkan diri secara ekstra. Tidak hanya dari aspek teknis seperti mesin dan girbok mobil, ban, suspensi dan sebagainya. Tetapi juga rancangan strategi dan kebugaran fisik.
 
Dia harus bisa bisa menjaga tubuh agar tetap bugar menjalani perjalanan keesokan harinya. Hal sama juga berlaku bagi Nicola Arena, navigator profesional dari Italia yang mendampingi Subhan sepanjang musim kompetisi 2013.
 
“Saya ingin fokus pada tiga SS awal, setelah itu memikirkan step berikutnya berdasarkan kondisi terakhir. SS 4 sampai SS 9 berlangsung siang dan semuanya aspal. Pada hari terakhir (Minggu, 27/10) baru bertemu lintasan gravel,” ujar Subhan.
 
Lintasan itu  merupakan SS campuran aspal dan tanah. Oleh Karen itu target pertama adalah melewati malam pertama dengan kompetitif. Hasil itu sangat mempengaruhi perjalanan berikutnya bagi Subhan dan Nicola.
 
Navigator Nicola Arena optimis mampu meraih hasil positif di Spanyo dengan pengalaman dua kali tampil pada musim 1999 dan 2002. Dua lomba itu menjadi referensi memperkaya pacenote mereka pada lomba kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler