Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

New England Forest Rally, Rifat Sungkar Bidik 5 Besar

Bisnis.com, JAKARTA—Pembalap Nasional Rifat Sungkar bersama Fastron World Rally Team, telah berada di Amerika untuk mengikuti seri ke 5 Rally America, New England Forest Rally (NEFR), yang akan diadakan pada tanggal 26-27 Juli 2013. Dengan target
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 23 Juli 2013  |  23:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Pembalap Nasional Rifat Sungkar bersama Fastron World Rally Team, telah berada di Amerika untuk mengikuti seri ke 5 Rally America, New England Forest Rally (NEFR), yang akan diadakan pada tanggal 26-27 Juli 2013.

Dengan target mampu mencapai 5 besar, Rifat melakukan testing pada Minggu pagi kemarin waktu setempat, untuk mendapatkan setingan mobil yang sesuai dengan karakter lintasan yang akan dilalui.

Rifat bersama dengan tim mekanik dari Libra Racing, melakukan testing selama kurang lebih 4 jam di “Team O’Neil Rally School” di kota Dolton, sekitar 2 jam perjalanan dari home base sementara Fastron World Rally Team di Burlington, negara bagian Vermont.

Dalam rilis yang diterima Bisnis, Selasa (23/7/2013), testing tersebut sangat diperlukan karena karakter lintasan di NEFR sendiri adalah cukup High Speed.

Perlud diketahui, pada 2012, rata-rata kecepatan di NEFR adalah sekitar 110 km/jam. Pada saat testing, Rifat Sungkar melakukan 2 sesi latihan di lintasan sepanjang  3 km.

Rifat mengatakan, di sesi yang dilakukan pada pagi hari, terasa bahwa mesin terlalu banyak memiliki tenaga pada Revolutions Per Minute (RPM) di bawah 3000, yang sebenarnya sangat bagus untuk lintasan yang berbelok-belok, tetapi kurang cocok untuk lintasan yang berkarakter high speed.

“Tetapi setelah melakukan putaran sebanyak 15 lap, kita menemukan setingan mesin yang ideal di power band antara 4500 – 5600 dengan boost pressure sebesar 1,7 bar” ujarnya.

Sementara untuk ban sendiri, dia dan tim mekanik sepakat untuk memilih ban medium hard, mengingat jarak tempuh setiap special stage yang cukup jauh dan prakiraan cuaca pada saat pertandingan akan panas. Tadi pagi pada saat dimulai latihan, suhu udara masih sekitar 25°C, tetapi sekitar tengah hari naik menjadi 30°C.

Fastron World Rally Team melakukan latihan kemarin bersama dengan Antoine L’Estage yang merupakan juara NEFR tahun 2012 silam.

Sedangkan pereli unggulan lainnya seperti David Higgins dan Ken Block, dikabarkan juga akan berlatih di tempat yang sama pada hari ini.

Dalam latihan ini, Rifat belum ditemani oleh navigatornya, Steve Lancaster, yang baru tiba di Amerika kemarin malam. “Tetapi hal ini tidak mengganggu persiapan kami dari Fastron World Rally Team, karena saya dan Steve sudah pernah bersama-sama bertanding di Yunani pada ajang WRC tahun lalu” terang Rifat.

New England Forest Rally atau NEFR sendiri, dikenal sebagai salah satu reli terbaik di Amerika. Pada awal mulanya, pemilik Libra Racing, John Buffumlah yang menyelenggarakan reli ini selama kurang lebih 16 tahun.

Selama 2 hari, 57 pereli akan dihadapkan pada lintasan yang cukup lebar, karena lintasan yang dipergunakan sebenarnya adalah lintasan truk pengangkut kayu.

Bahkan karena rata-rata kecepatannya terlalu tinggi, panitia pelaksana akan membuat beberapa chichane, yaitu jalanan yang sengaja dibelok-belokan untuk mengurangi kecepatan.

“Saya bersama Fastron World Rally Team akan berusaha semaksimal mungkin meraih hasil terbaik. Target kami adalah menduduki posisi 5 besar, sekaligus juga membuktikan bahwa “Indonesia Keren” bisa berprestasi, khususnya di ajang reli. Kami mohon doa restunya, agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar” tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rifat sungkar new england forest rally
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top