Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOTOGP: Pedrosa Juara Le Mans, Marquez-Lorenzo-Rossi Finish 3-7-12

BISNIS.COM, JAKARTA—Balap Moto GP seri ke-4 di Le Mans hari ini, Minggu (19/5/2013), menjadi milik Repsol Honda setelah Dani Pedrosa menjadi juara dan Marc Marquez finish di posisi ke-3.

BISNIS.COM, JAKARTA—Balap Moto GP seri ke-4 di Le Mans hari ini, Minggu (19/5/2013), menjadi milik Repsol Honda setelah Dani Pedrosa menjadi juara dan Marc Marquez finish di posisi ke-3.

Di bawah guyuran hujan deras, Pedrosa sukses melakukan start dan langsung menyodok di barisan depan ketika harus memulai start dari posisi ke-6.

Pedrosa akhirnya menyudahi 28 kali memutari lintasan Le Mans sepanjang 4,18 kilometer atau menempuh jarak  117,04 kilometer dalam waktu 49:22,570 (49 menit 22,57 detik).

Cal Crutchlow (Yamaha Monster Tech 3) tampil sebagai runner-up setelah secara konsisten menjaga ritme kecepatan motornya ketika memulai start dari posisi ke-4. Crutchlow berada 4,863 detik di belakang Pedrosa.

Sementara itu, Marquez terlalu berhati-hati pada awal balapan, sehingga posisinya tercecer dari formasi terdepan.

Juara Moto 2 musim 2013 itu baru menemukan kekuatannya mulai lap 11 ketika menempati posisi ke-7 di belakang Lorenzo. Marquez terus merengsek sehingga sata finish mampu naik podium di  posisi ke-3 dengan selisih waktu 6,949 detik dari Pedrosa.

Nasib sial menimpa duet Yamaha Facotory Racing, Jorge Lorenzo-Valentino Rossi, karena lintasan basah ternyata menjadi musuh besar bagi motor Yamaha YZR-M1.

Lorenzo mulai  melorot sejak lap ke-7 setelah berhasil disalip Rossi. Lorenzo terus terpuruk, sehingga hanya mampu finish di posisi ke-7 dengan selisih waktu 27,961 detik dari Pedrosa dan hanya mendulang 9 poin.

Sementara itu, Rossi yang sukses berada di posisi 3 sejak akhir lap 8-14 juga terus melorot di posisi ke-8 pada lap 18. Bahkan sejak lap 19 posisi Rossi merosot di posisi 12.

Rossi pun harus puas finish di posisi 12 dengan selisih waktu 1:16,369 (1 menit 16,369 detik dari Pedrosa) dan harus puas dengan mendulang 4 poin.

Berikut  pergerakan formasi podium pebalap dari lap ke lap berdasarkan data Live Timing motogp.com

Lap 1- 4

Pedrosa sukses melakuan start, sementar itu Andrea Dovizioso (Ducati) dan Rossi sukses menyodok di posisi depan.

Formasi podium saat lap 4 adalah Dovizioso-Pedrosa-Lorenzo, sedangkan Rossi  terus menempel di posisi 4.

Lap 5-7

Formasi 4 b4sar Pedrosa-Dovizioso-Lorenzo-Rossi

Lap 8 & 9

Dovizioso mampu menyalip Pedrosa di lap 8, Rossi mampu menyalip Lorenzo, dan Crutchlow menyodok di  posisi 4.

Formasi 4 besar menjadi Dovizioso, Pedrosa, Rossi, Crutchlow. Lorenzo posisi 6 di belakang Nicky Hayden (Ducati)

Lap 10

Formasi podium Dovizioso-Pedrosa-Rossi dan Lorenzo tercecer di posisi 7 di belakang Hayden dan Stefan Bradl

Lap 11

Formasi podium Dovizioso-Pedrosa-Rossi. Lorenzo tercecer di posisi 7 di belakang Hayden dan Stefan Bradl. Marquez menguntit di belakang Lorenzo

Lap 12

Formasi podium Dovizioso-Pedrosa-Rossi.  Lorenzo melorot ke posisi 8 disalip Marquez yang berada di belakang Stefan bradl (Bradl di belakang Hayden)

Lap 13

Posisi podium Dovizioso-Pedrosa-Rossi.  Lorenzo kembali menyodok posisi 7 dengan menyalip Marquez, sehingga posisi 4-8 adalah Crutchlow-Hayden, Stefan Bradl ( LCR Honda MotoGP), Lorenzo, Marquez

Lap 14

Pedrosa menyodok ke depan sehingga formasi podium menjadi Pedrosa-Dovizioso-Rossi. Posisi 4-8 Cruthlow, Hayden, Bradl, Marquez, Lorenzo.

Lap 15-16

Chrutchlow mampu menyalip Rossi sehingga foramasi podium menjadi Pedrosa-Dovizioso-Crutchlow. Adapun   posisi 4-8 Rossi-Hayden-Bradl-Marquez-Lorenzo

Lap 17

Foramasi podium Pedrosa-Dovizioso-Crutchlow.  Lorenzo tersalip Bautista dan melorot ke posisi 9

Lap 18

Foramasi podium Pedrosa-Dovizioso-Crutchlow. Posisi 4-8 Hayden-Marquez-Butista-Lorenzo-Rossi. Rossi melorot ke posisi 8 karena melebar.

Lap 19

Foramasi podium Pedrosa-Dovizioso-Crutchlow. Posisi 4-8 Hayden,Marquez,Butista, Lorenzo, Michele Pirro  (Ducati). Rossi melorot posisi 12.

Lap 20-22

Foramasi podium Pedrosa-Dovizioso-Crutchlow.  Posisi 4-8 adalah Hayden-Marquez-Butista- Lorenzo, Pirro.  Rossi posisi 12.

Lap 23

Foramasi podium Pedrosa-Dovizioso-Crutchlow. Sementara itu Marquez menyodok ke posisi 4, sehinga formasi 4-8 menjadi Marquez-Hayden-Butista-Lorenzo-Pirro, sedangkan  Rossi terpaku di posisi 12.

Lap 24-26

Foramasi podium Pedrosa-Dovizioso-Crutchlow.  Formasi 4-8  Marquez-Hayden-Butista-Lorenzo-Pirro. Rossi posisi 12.

Lap 27

Marquez memanfaatkan momentum dengan menyalip Dovozioso yang melebar dan jgua disalip Crutchlow. Foramasi podium berubah menjadi Pedrosa-Crutchlow-Marquez.  Formasi 4-8 menjadi Dovozioso-Hayden-Bautista-Lorenzo-Pirro.  Rossi  posisi 12

Lap 28

Posisi finish Pedrosa-Crutchlow-Marquez. Posisi adalah 4-8 Dovizioso-Hayden-Bautista-Lorenzo-Pirro. Rossi  finish urutan 12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler