Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BWF World Tour Finals 2022: Full Senyum! Fajar/Rian Ungkap Kunci Utama Lucuti Pertahanan Korsel

Fajar/Rian berhasil menghentikan perlawanan ganda Korea Choi Sol Gyu/Kim Won Ho di BWF World Tour Finals 2022.
Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Bisnis.com, JAKARTA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menandai debutnya di BWF World Tour Finals 2022 dengan manis. Mereka sukses mencatatkan kemenangan di laga pembuka grup A BWF World Tour Finals 2022.

Berlaga di Nimbutr Arena, Bangkok, Thailand, hari Rabu (7/12/2022), Fajar/Rian menghentikan perlawanan ganda Korea Choi Sol Gyu/Kim Won Ho.

Juara Daihatsu Indonesia Masters 2022 ini menang straight gim dengan skor 23-21, 21-17.

Fajar mengakui jika laga berjalan dengan cukup alot. Meski demikian, dia memiliki kunci untuk bisa mendominasi permainan.

"Permainan tadi tidak mudah dan alot tadi karena pasangan Korea Selatan bermain sangat bagus. Kuncinya di gim pertama ketika kita tertinggal 18-20 lalu bisa membalikkan keadaan. Di gim kedua jadi lebih percaya diri," tutur Fajar, Rabu (7/12/2022).

Senada, Rian mengatakan bahwa kunci membalikkan keadaan di gim pertama adalah tidak menyerah walau sedang tertinggal. Fokusnya satu yakni mencari poin demi poin.

"Kita coba fokus satu poin demi satu poin. Lebih fokus saja walau sempat tertinggal tapi kita tidak mau menyerah. Terus cari poin sebanyak-banyaknya," kata Rian.

Walaupun berhasil meraih kemenangan, tetapi Fajar/Rian mengaku belum puas dengan penampilan mereka hari ini. Mereka berharap besok bisa lebih baik.

"Kalau dari permainan kita merasa belum maksimal, belum in banget. Masih harus adaptasi dengan bola dan arah angin. Saat latihan memang sudah coba tapi saat pertandingan atmosfernya memang berbeda. Semoga besok bisa lebih baik lagi," harap Rian.

Gim pertama berjalan begitu ketat, kejar mengejar angka sudah diawali sejak skor 5-5 hingga angka 15-15. Sayangnya, tiga kali Fajar/Rian kurang cermat dalam mengatasi serangan Choi Kim sehingga kedudukan menjadi 15-18.

Selanjutnya, adu drive terjadi di poin 19-20, tetapi Rian tidak terburu-buru untuk mengakhiri serangan kedudukan kembali imbang menjadi 20-20.

Alhasil, permainan pertama dapat dibungkus oleh Fajar/Rian usai dengan cerdik menempatkan bola di pojok kiri lapangan. Skor menjadi 22-20.

Memulai gim kedua, pukulan dalam (drop shot) Fajar berhasil membuat skor imbang 1-1.

Tidak hanya itu, pasangan dari Rian ini terlihat luwes menempatkan bola di titik buta Choi/Kim sehingga kedudukan menjadi unggul untuk pasangan Indonesia, yaitu 6-4. Bahkan, smashnya di sisi kanan lapangan membuat mereka mengamankan interval gim kedua di skor 11-8.

Usai turun minum, Rian membuka permainan dengan smash lurus di tengah lapangan dan membuat skor kian menjauh menjadi 13-10. Selisih makin lebar setelah Choi Sol Gyu gagal mengembalikan bola sehingga skor menjadi 16-11.

Serangan dari Fajar/Rian makin agresif dengan hujan smash kepada Choi/Kim hingga akhirnya wakil Indonesia ini berhasil mengamankan gim kedua dengan perolehan skor 21-17 setelah Rian melakukan backhand smash menyilang yang membuat bola lewat di antara Choi dan Kim.

Berdasarkan dari ranking BWF dunia, Fajar/Rian memang berada di atas ganda putra Korea Selatan, Choi/Kim. Saat ini, Fajar-Rian berada di peringkat 3, sedangkan Choi-Kim berada di urutan ke-15 ranking BWF dunia.

Tak berbeda dari ranking BWF, catatan pertemuan juga menunjukkan bahwa Fajar/Rian unggul dari Choi/Kim.

Sebelum laga di BWF World Tour Finals 2022 yang akan berlangsung hari ini, pertandingan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho sudah pernah terjadi satu kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler