Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Legenda Justian Suhandinata Berpulang, Dunia Bulutangkis Indonesia Berduka

Legenda bulutangkis Indonesia Justian Suhandinata meninggal dunia pada Jumat (4/11/2022) malam di Thailand.
Legenda bulutangkis Justian Suhandinata (paling kiri), meninggal dunia pada Jumat 4 November 2022/Dok PBSI
Legenda bulutangkis Justian Suhandinata (paling kiri), meninggal dunia pada Jumat 4 November 2022/Dok PBSI

Bisnis.com, JAKARTA — Dunia bulutangkis Indonesia kembali kehilangan salah satu tokoh berdedikasi tinggi terhadap pembinaan dan prestasi olahraga tepok bulu.

Tokoh bulutangkis Justian Suhandinata meninggal dunia di usia 75 tahun di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok, Thailand, pada Jumat (4/11/2022) pukul 21.25 WIB.

Justian yang lahir di Bandung, 20 November 1946 ini sebelumnya memang sudah dirawat di Negeri Gajah Putih untuk perawatan tulang belakang akibat terjatuh yang membuatnya tidak bisa jalan. Setelah mendapat perawatan, Justian bisa berjalan kembali meski harus memakai alat pembantu.

Namun saat perawatan di Bangkok pada 5 Oktober 2022, Justian terkena serangan stroke dan harus dirawat di rumah sakit hingga berpulang.

Meninggalnya Justian dikonfirmasi oleh Juniarto Suhandinata, adik dari Justian.

“Benar Pak Justian meninggal dunia di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok, Thailand, Jumat sekitar pukul 21.25 WIB akibat sakit stroke. Mohon doanya," kata Juniarto, Sabtu.

Hingga akhir hayat, Justian meninggalkan istrinya, Poppy Tumengkol, empat anak dan tujuh cucu.

Justian yang merupakan Ketua Umum PB Tangkas Jakarta sukses mengantarkan Klub Tangkas menyabet medali emas Olimpiade Atlanta 1996 lewat Ricky Soebagdja/Rexy Mainaky, 10 gelar juara dunia, 9 juara All England, serta 10 medali emas Asian Games, terakhir lewat persembahan Jonatan Christie di Jakarta 2018.

Atas dedikasinya untuk bulutangkis imternasional, Justian memperoleh gelar kehormatan sebagai satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan penghargaan Honorary Life Vice President dari BWF. Penghargaan ini diserahkan dalam forum AGM BWF pada 20 Mei 2017 di Gold Coast, Australia.

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna ikut mengucapkan duka cita yang mendalam atas berpulangnya tokoh bulutangkis nasional dan internasional tersebut.

"Kami ikut berduka cita atas berpulangnya tokoh bulutangkis nasional dan internasional, Bapak Justian Suhandinata. Dunia bulutangkis Indonesia tentu kehilangan dengan kepergian tokoh yang mendedikasikan hidupnya hanya untuk kemajuan bulutangkis Indonesia dan dunia. Banyak jasa dan prestasi beliau untuk kemajuan prestasi bulutangkis Indonesia," kata Agung dalam keterangan resminya.

Ia pun menyoroti dedikasi Justian yang hingga akhir hayatnya masih aktif sebagai Dewan Penasihat PP PBSI 2020-2024.

"Mewakili PBSI dan insan bulutangkis Indonesia, sekali lagi saya mengucapkan rasa duka cita dan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian Pak Justian hingga akhir hayat," lanjut Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler