Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyelenggara WSBK Mandalika Diminta Tidak Ulangi Kesalahan saat Gelaran MotoGP

Penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, agar kesalahan saat gelaran MotoGP tak terulang.
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Staf Presiden (KSP) mengingatkan pentingnya kesiapan sirkuit dan ketersediaan penginapan yang layak bagi penonton dalam penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, agar kesalahan saat gelaran MotoGP tak terulang.

Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian dalam keterangan diterima di Jakarta, Rabu (12/10/2022), mengatakan selain kesiapan sirkuit dan penginapan, panitia penyelenggara juga harus menyiapkan rekayasa lalu lintas dan teknis alur kedatangan kendaraan pengunjung menuju dan meninggalkan sirkuit.

Selain itu, harus turut terdapat langkah mitigasi untuk menghindari penumpukan kendaraan pribadi yang masuk ke kawasan ajang balap itu. Helson juga meminta agar sosialisasi dan pemasaran rumah tinggal yang dijadikan hunian (homestay) terus digencarkan.

“Jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang menaikkan harga homestay berkali-kali lipat seperti saat ajang MotoGP,” kata dia.

Helson yang memimpin rapat koordinasi (rakor) dihadiri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Polda NTB, Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita).

Selain soal kesiapan sirkuit, hunian, dan pengaturan sirkulasi penonton serta kendaraan, rakor juga membahas kesiapan di luar kawasan Mandalika seperti perkembangan pelebaran jalan Kuta-Keruak, penanganan banjir, dan kesiapan moda transportasi.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan pihaknya terus mempersiapkan gelaran kedua World Superbike Indonesia Round, baik dari sisi kejuaraan balap maupun dari aspek acara sela (side event)

"Kami siap menyambut riders, racing team, promoter team, media, dan para penonton menikmati gelaran WSBK 2022 di kawasan kami," kata Ari Respati.

World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 akan digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 11-13 November 2022. WSBK Indonesia menjadi seri ke-11 dari 12 balap (race) di WSBK 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler