Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia International Series 2022: Ini Target Syabda dan Komang

Syabda Perkasa Belawa (tunggal putra) dan Komang Ayu Cahya Dewi (tunggal putri) bersiap untuk menghadapi turnamen Indonesia International 2022.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 September 2022  |  09:27 WIB
Indonesia International Series 2022: Ini Target Syabda dan Komang
Tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dua pebulu tangkis muda andalan Indonesia, Syabda Perkasa Belawa (tunggal putra) dan Komang Ayu Cahya Dewi (tunggal putri) bersiap untuk menghadapi turnamen bulu tangkis Kapal Api Indonesia International Series 2022.

Turnamen ini digelar mulai Selasa (20/9) hingga Minggu (25/9) di GOR Among Rogo, Yogyakarta. Baik Syabda maupun Komang sama-sama membidik poin maksimal di ajang ini.

"Dari segi persiapan saya merasa sudah bagus, ada waktu panjang sekitar dua bulan untuk bersiap ke turnamen ini," kata Syabda dikutip dari keterangan resmi Media PP PBSI, Selasa (20/9/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan alasan menginginkan poin maksimal karena fokus utamanya di sisa tahun ini adalah memperbaiki posisi di ranking dunia.

“Targetnya menembus 100 besar dunia," ujar Syabda yang saat ini menduduki peringkat 244.

Syabda meyakini persaingan ketat akan terjadi di sektor tunggal putra turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022 ini. Selain dengan sesama rekan di pelatnas, lawan berat juga akan didapatkan dari beberapa pemain non-pelatnas yang ikut bertanding.

"Semua pemain mempunyai kans yang sama dan persaingan akan berlangsung ketat. Lawan yang berat bukan hanya dari rekan sesama pelatnas yang sudah saling mengetahui cela permainan masing-masing, kekurangan dan kelebihan masing-masing tapi juga dari beberapa senior yang sudah tidak di pelatnas seperti Panji (Ahmad Maulana) dan Krishna (Adi Nugraha)," kata Syabda.

Setali tiga uang dengan Syabda, Komang juga mengatakan persaingan sengit juga akan terjadi di sektor tunggal putri apalagi dengan sesama pemain Indonesia.

"Melihat kekuatan di tunggal putri, menurut saya, kompetitor terkuat bisa dari negara sendiri. Dan saya harus mewaspadai itu," kata Komang yang di ajang ini menempati unggulan pertama.

Kendati demikian, Komang melanjutkan, tekanan menjadi unggulan pertama tentunya dirinya rasakan, apalagi karena digadang-gadang harus maksimal dan harus menjadi juara, tetapi diakuinya beban tersebut dicoba olehnya sebagai motivasi saja.

Turun di turnamen berlevel International Series, Komang memiliki modal yang bagus. Karena di tahun 2022 ini sebenarnya ia sudah dipercaya tampil di beberapa turnamen yang levelnya jauh lebih tinggi seperti Kejuaraan Asia 2022, Piala Uber 2022 hingga Chinese Taipei Open yang punya level Super 300.

"Secara rangking memang seharusnya saya masih bermain di level ini (International Series dan International Challenge) tapi tahun ini kebetulan punya kesempatan bermain di turnamen dengan level yang lebih tinggi jadi itu saya jadikan pengalaman terbaik," ujar Komang yang saat ini berperingkat 100 dunia.

Komang mengaku ingin bermain maksimal, menikmati setiap pertandingannya. Semoga target menembus peringkat 70 dunia di akhir tahun nanti bisa tercapai.

Kapal Api Indonesia International Series 2022 dimulai Selasa (20/9) mulai pukul 13.00 WIB. Memainkan babak 64 besar tunggal putra dan ganda putra juga babak 32 besar tunggal putri.

Syabda akan menghadapi Teh Jin Hong dari Malaysia, sementara Komang mendapat bye dan otomatis lolos ke babak 16 besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bulutangkis
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top