Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pebalap Indonesia Sean Gelael dari WRT Menangi Putaran kelima WEC di Jepang

Pebalap Indonesia Sean Gelael tampil melejit bersama tim WRT memastikan kemenangan pada lomba putaran kelima FIA Kejuaraan Ketahanan Dunia.
Sean Gelael, pembalap asal Indonesia/sean-gelael.com
Sean Gelael, pembalap asal Indonesia/sean-gelael.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap Indonesia Sean Gelael tampil melejit bersama tim WRT memastikan kemenangan pada lomba putaran kelima FIA Kejuaraan Ketahanan Dunia (WEC) FIA LMP2 Race 6 Hours of Fuji di Fuji International Speedway, Jepang, Minggu.

Sean yang dipercaya menjadi starting driver langsung melejit. Start dari posisi 4 kelas LMP2, andalan Team Jagonya Ayam KFC Indonesia ini langsung memimpin lomba melewati tiga pebalap sekaligus.

​​​​​​​Sean bukan hanya memimpin, bahkan langsung membuka jarak hingga tiga detik di depan Roberto Gonzalez (JOTA #38) yang ada di posisi dua. Sean mempertahankan kondisi itu hingga pit stop.

Saat pit stop, Sean tidak mengganti ban dan dampaknya ban belakang terdegradasi besar. Sean pun kesulitan, walau dia tetap ada di posisi dua saat berganti kemudi dengan Robin Frinjs.

​​​​​Fondasi bagus yang dibuat Sean benar-benar dimanfaatkan oleh Robin. Pebalap Belanda memang masih ada di posisi dua, tapi dia mendekati Edward Jones (JOTA #28) walau belum bisa menyusulnya semata dia harus menahan performa ban.

Tapi pit stop yang bagus dari kru WRT, di mana Robin dilayani 3 detik lebih cepat, membuat dia keluar di depan Jones. Ketika sudah ada di depan itu Robin memperlebar selisih waktu dari 5 detik, lalu 7, 10, 12, 14, 17, hingga sekitar 22 detik saat dia masuk pit dan diganti Dries Vanthoor.

​​​​​​​Pebalap Belgia pengganti Rene Rast itu bertarung dengan Jonathan Aberdein (JOTA #28) untuk P1. Gap memang berhasil dipangkas oleh Aberdein menjadi sekitar 1,5 detik sebelum pit stop untuk masing-masing, tapi lagi-lagi kerja pit yang bagus membuat Vanthoor keluar dan masuk ke trek sekitar 4 detik di depan Aberdein.

​​​​​​​Vanthoor memanfaatkan jarak itu untuk bahkan memperbesarnya lebih dari 14 detik hingga kendali berganti lagi ke Robin. Bahkan sebelum pit stop Aberdein disusul oleh Antonio Felix da Costa (JOTA #38).

Dengan kecepatan yang dimiliki seperti di penampilan awal, Robin mempertahankan posisi pertama itu sampai finis. Ini adalah kemenangan kedua WRT #31 setelah sukses serupa di Spa-Francorchamps, Belgia. Dan mereka pun jadi tim pertama yang bisa menang dua kali di musim ini.
 
"Kami melakukan start yang bagus sampai bisa memimpin dan bertahan di posisi itu hingga finis. Kerja bagus dari tim dan juga Robin dan Dries. Kami benar-benar ingin meraih kemenangan ini setelah gagal di Le Mans dan Monza. Saya sangat senang akhirnya bisa mewujudkannya," ujar Sean dalam keterangan tertulisn yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
"Balapan yang menarik dan mengasyikkan. Sean melakukan start dengan sangat baik untuk kemudian membuka jarak, sementara Dries mempertahankan level performa tim. Dan saya sempat khawatir ada vibrasi di mobil, tapi setelah tahu semua aman saya bisa membawa mobil hingga finis," kata Robin.
 
Putaran terakhir FIA WEC adalah 8 Hours of Bahrain pada 12 November mendatang.
 
Klasemen LMP2
 1. JOTA #38 - 114 poin
 2. United Autosports USA #23 - 86 poin
 3. Realteam by WRT #41 - 80 poin
 4. WRT #31 - 78 poin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler