Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Audi Bakal Berlaga di F1 Pada Musim 2026  

Pabrikan Audi akan berpartisipasi dalam ajang balap mobil nomor wahid Formula 1 pada musim 2026 mendatang. 
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 26 Agustus 2022  |  18:07 WIB
Audi Bakal Berlaga di F1 Pada Musim 2026   
Pabrik mobil Audi AG. - Audi AG
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan Audi akan berpartisipasi dalam ajang balap mobil nomor wahid Formula 1 pada musim 2026 mendatang.

Dilansir dari Reuters, Jumat (26/8/2022), pabrikan itu akan ambil bagian bermitra dengan salah satu tim peserta. Pabrikan asal Jerman itu akan membangun sebuah unit produksi khusus di Jerman.

Merek premium dari Volkswagen ini menyatakan akan membeberkan pada akhir tahun, tim mana yang akan menjadi mitra. Tahapan ini bakal menjadi awal dari era baru dan lebih berkelanjutan, untuk olahraga mesin tercepat itu.

Merek tersebut sejauh ini telah dalam pembicaraan dengan Sauber Group yang berbasis di Swiss, yang timnya bersaing dengan nama Alfa Romeo. Selain itu, Aston Martin dan Williams, yang sama-sama menggunakan mesin Mercedes, juga telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan Audi.

"Formula Satu adalah panggung global untuk merek kami dan laboratorium pengembangan yang sangat menantang," kata Chief Audi Markus Duesmann.

Dia melanjutkan, kombinasi antara kinerja tinggi dan kompetisi selalu menjadi pendorong inovasi dan transfer teknologi di industri Audi.

“Dengan aturan baru, sekarang adalah waktu yang tepat bagi kami untuk terlibat,” tambahnya.

Formula 1akan memiliki unit mesin tenaga baru mulai 2026 dengan fokus pada keberlanjutan dan masa depan yang lebih hemat biaya. Penyelenggara ajang ini telah menetapkan tujuan untuk bebas karbon pada 2030.

Aturan baru ini juga akan membawa elektrifikasi yang lebih besar dan penggunaan bahan bakar berkelanjutan yang canggih, dengan produsen unit daya juga akan dikenakan pembatasan biaya mulai musim depan.

"Kami telah memutuskan untuk menjadi produsen mobil listrik penuh dan F1 memang mengubah aturan sedemikian rupa sehingga kami bisa masuk," kata Duesmann, yang sebelumnya terlibat dalam Formula 1 dengan BMW yang kala itu bermitra dengan Sauber.

Saingan dari Jerman, Mercedes yang telah memenangkan delapan gelar konstruktor terakhir, membangun unit baru mereka di Brixworth Inggris. Sementara itu, Porsche, merek Grup Volkswagen lainnya, juga diharapkan ikut Formula 1  Satu pada 2026 dengan menggandeng tim Red Bull.

Audi adalah pemenang 13 kali lomba ketahanan Le Mans 24 Jam sebelum berhenti pada 2017 dan merek tersebut memiliki rekam sejarah dari balap grand prix sebelum Perang Dunia II dengan nama Auto Union.

Audi tidak menyebutkan berapa pun biaya yang harus dikeluarkan untuk memasuki Formula Satu, atau berapa banyak yang telah disisihkan, tetapi mengatakan bahwa mereka tidak perlu menghasilkan uang dengan komitmen tersebut.

"Kami akan menghabiskan uang sebanyak yang kami keluarkan untuk seri balap lain sebelumnya, jadi bagi kami itu bukan pengeluaran tambahan," kata Duesmann, yang mengatakan rencananya untuk keterlibatan jangka panjang.

"Kami tidak akan membentuk tim baru yang lengkap. Jauh lebih baik jika Anda memulai dengan mobil yang sudah ada."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

formula 1 audi
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top