Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Nomor-nomor Para Bulu Tangkis di Asean Para Games 2022

Berikut klasifikasi nomor-nomor yang dipertandingkan di cabang olahraga para bulu tangkis Asean Para Games 2022.
Asean Paragames 2022/Surakarta.go.ig
Asean Paragames 2022/Surakarta.go.ig

SL3 Hingga WH2

Standing Lower 3 (SL3)

SL3 atau Standing Lower 3 adalah klasifikasi untuk atlet dengan keterbatasan pada salah satu atau kedua kaki yang membuat hilang keseimbangan baik saat berjalan maupun berlari.

Atlet yang bersaing dalam klasifikasi SL3 diperkenankan untuk menggunakan kaki buatan. Untuk nomor tunggal pertandingan akan berlangsung setengah lapangan dan untuk nomor ganda menggunakan lapangan penuh.

Dalam gelaran Asean Para Games 2022, Indonesia memiliki atlet andalan pada klasifikasi SL3. Pada bagian putra ada Ukun Rukaendi, Bambang Usiyan Purwito, Khoirur Roziqin Maman Nurjaman, dan Dwiyoko. Sementara tunggal putri ada Qonitah Ikhtiar.

Standing Lower 4 (SL4)

SL4 atau Standing Lower 4 sekilas tak jauh berbeda dengan SL3. Namun, klasifikasi SL4 bagi atlet para badminton yang memiliki keterbatasan pada kaki tetapi tetap memiliki keseimbangan baik saat berjalan maupun berlari.

Ketika bertanding, atlet dari klasifikasi SL4 dapat menggunakan bantuan kaki buatan dan bermain di lapangan penuh baik pada sektor tunggal maupun ganda.

Pada Asean Para Games 2022, Indonesia memiliki deretan pemain andalan seperti pada atlet putra yakni Fredy Setiawan, Hary Susanto, dan Hikmat Ramdani. Pada sektor putri, Indonesia juga memiliki peraih medali emas Paralimpiade Tokyo pada sektor ganda putri Khalimatus Sadiyah yang kala itu turun bersama Leani Ratri Oktila. Lalu ada juga Lia Prianty.

Standing Upper 5 (SU5)

Bila SL3 dan SL4 memiliki gangguan pada bagian kaki, Standing Upper 5 atau SU5 adalah klasifikasi untuk atlet para bulu tangkis yang memiliki keterbatasan pada bagian atas badan, misalnya tangan.

Ketika bertanding, atlet menggunakan satu lapangan penuh dengan peraturan yang sama dengan pada umumnya. Indonesia mengandalkan sejumlah nama pada klasifikasi SU5 Asean Para Games 2022.

Pada sektor putra ada Hafizh Briliansyah Prawiranegara, Suryo Nugroho, Dheva Anrimusthi, Arya Sadewa, dan Oddie Kurnia Dwi Listianto Putra. Sementara untuk putri, Indonesia memiliki Warining Rahayu.

Short Stature 6 (SH6)

Selanjutnya adalah klasifikasi Short Stature 6 atau SH6 yang diperuntukkan atlet para bulu tangkis dengan tinggi badan lebih pendek dari umumnya yang disebabkan kondisi genetik atau lainnya.

Indonesia menurunkan sejumlah atlet di klasifikasi SH6 Asean Para Games 2022. Pada bagian putra ada Dimas Tri Aji dan Subhan. Sementara untuk putri ada Rina Marlina dan Yunia Widya Irianti.

Wheelchair 1 (WH1)

Para bulu tangkis juga memiliki klasifikasi Wheelchair 1 atau (WH1). Sesuai namanya, atlet yang turun pada klasifikasi ini memiliki gangguan fisik pada bagian bawah badan atau kaki yang mengharuskan menggunakan kursi roda.

Atlet yang tampil pada klasifikasi WH1 bersaing setengah lapangan dan tidak menggunakan garis kotak area depan servis untuk nomor tunggal. Sedangkan ganda tetap menggunakan lapangan penuh tanpa area depan servis.

Untuk bagian putra Indonesia memiliki satu atlet pada klasifikasi WH1 yang bersaing di Asean Para Games 2022 yakni Agung Widodo. Sedangkan untuk putri, Indonesia tidak memiliki wakil.

Wheelchair 2 (WH2)

Sama seperti WH1, atlet yang turun pada klasifikasi WH2 juga menggunakan kursi roda. Bedanya, atlet memiliki klasifikasi WH1 memiliki fungsi gerak tubuh bagian atas yang lebih baik. Dalam pertandingan WH1 dan WH2 tidak memiliki perbedaan.

Ada tiga atlet putra para bulu tangkis Indonesia yang turun pada klasifikasi WH2 adalah Agus Budi Utomo, Supriadi, dan Wiwin Andri. Sementara pada sektor putri, Indonesia tidak memiliki wakil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler