Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecelakaan F1 GP Inggris: Mobil Alfa Romeo Zhou Guanyu Terbalik Sampai Keluar Trek

Grand Prix Formula 1 (F1) di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (3/7/2022), menjadi seri pertama musim ini yang menghadirkan kecelakaan besar sampai melibatkan lima pembalap.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 03 Juli 2022  |  22:34 WIB
Kecelakaan F1 GP Inggris: Mobil Alfa Romeo Zhou Guanyu Terbalik Sampai Keluar Trek
Pebalap Red Bull Max Verstappen memasuki finis Formula 1- Austrian Grand Prix-Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 30 Juni 2019. - Antara/Reuters. Kecelakaan F1 GP Inggris: Mobil Alfa Romeo Zhou Guanyu Terbalik Sampai Keluar Trek

Bisnis.com, JAKARTA - Ajang balap jet darat Formula 1 (F1) seri Lenovo British Grand Prix di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (3/7/2022), menjadi seri pertama musim ini yang menghadirkan kecelakaan besar sampai melibatkan lima pembalap.

Kecelakaan pada tikungan pertama setelah start pada pukul 21.00 WIB ini bahkan membawa mobil Zhou Guanyu (Alfa Romeo F1 Team Orlen) terbalik, kemudian terjungkir keluar trek setelah menabrak ban pembatas.

Beruntung masih ada pagar pembatas sirkuit tinggi yang terpasang di belakang ban pembatas, membuat mobil pembalap asal China tersebut tak sampai mengenai penonton.

Zhou pun sempat menjadi sumber kepanikan rombongan tim medis karena tidak bergerak dan kesulitan keluar dari mobil. Namun, selang beberapa menit kemudian, Zhou bisa kembali berjalan dalam keadaan baik menuju ambulans.

Kecelakaan memaksa direktur balapan mengeluarkan bendera merah selama kurang-lebih 45 menit. Balapan F1 GP Inggris saat ini kembali berlangsung, setelah diputuskan restart normal pada pukul 22.00 WIB.

Berdasarkan pantauan kamera pengawas, Zhou yang start pada posisi ke-9 tengah berdampingan dengan George Russel (Mercedes-AMG Petronas F1 Team) yang start dari posisi ke-8 di sebelah kanannya.

Zhou dan Russel terlihat sama-sama melakoni start yang buruk, sehingga celah di tengah mereka menjadi peluang pembalap yang start dari posisi ke-10, Nicholas Latifi (Williams Racing) untuk menyalip keduanya dan berhasil. 

Pembalap yang start dari posisi ke-11, Piere Gasly (Scuderia AlphaTauri) mencoba melakukan hal serupa Latifi, namun terlambat. Ban kanan depan Gasly menyentuh ban kiri belakang Russel, membuat pembalap Mercedes kehilangan keseimbangan dan menabrak Zhou sampai terbalik dan terseret keluar trek.

Kecelakaan yang melibatkan ketiganya membuat pembalap di barisan belakang turut kelimpungan mengerem. Alexander Albon (Williams Racing) yang start di posisi ke-16 pun disundul dari belakang oleh Sebastian Vettel (Aston Martin Aramco Cognizant F1 Team), menyebabkan kecelakaan beruntun lain.

Saat ini, Russel, Zhou, dan Albon harus keluar dari balapan alias did not finish (DNF) di seri F1 GP Inggris, karena mobil ketiganya tidak bisa lagi diperbaiki selama sesi red flag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

formula 1 f1 kecelakaan balapan
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top