Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Stoffel Vandoorne, Eks Pebalap F1 yang Sedang Memimpin Klasemen Formula E

Pebalap Tim Mercedes EQ Stoffel Vandoorne memimpin puncak klasemen Formula E dengan 111 poin hingga seri kedelapan. Ini dia profil Vandoorne.
Pebalap Belgia Stoffel Vandoorne/Reuters-Francois Lenoir
Pebalap Belgia Stoffel Vandoorne/Reuters-Francois Lenoir

Bisnis.com, JAKARTA - Balapan Formula E akan berlangsung di Jakarta International e-Prix Circuit (Jakarta E-Prix), Ancol pada Sabtu (4/6/2022).

Formula E Jakarta ini merupakan seri kesembilan yang digelar musim ini. Ada 11 tim dengan 22 pembalap yang akan turun di balapan tersebut.

Pebalap Tim Mercedes EQ Stoffel Vandoorne memimpin puncak klasemen Formula E dengan 111 poin hingga seri kedelapan. Posisi kedua ada Edoardo Mortara dari tim Venturi meraih 99 poin. Lalu peringkat ketiga dihuni oleh pembalap dari DS E-Techeetah yang meraih 95 poin.

Vandoorne sendiri sebelum terjun ke Formula E sempat terjun di F1 bersama McLaren. Namun dirinya pindah ke Formula E pada Oktober 2018 tiga pekan setelah hijrah dari balapan F1. Pebalap asal Belgia ini pertama kali bergabung dengan tim HWA Racelab dari Inggris untuk musim 2018-2019.

 Ia meraih pole position untuk pertama kali di Hong Kong e-Prix 2019. Kemudian ia meraih podium pertama di Rome e-Prix 2019.

Setelah itu, pembalap berusia 30 tahun ini bergabung dengan Mercedez-Benz EQ untuk musim 2019-2020. Rekannya di Mercedez-Benz EQ adalah mantan juara di Formula 2, Nyck de Vries.

Di akhir musim 2019-2020, Vandoorne berhasil menempati posisi runner up. Peringkat tersebut masih yang terbaik sampai saat ini. Sebab pada musim lalu ia hanya menempati posisi kesembilan di akhir musim.

Stoffel Vandoorne mulai mengenal dunia balapan sejak usia enam tahun. Ketika itu ia diajak oleh ayahnya berkunjung ke sirkuit Karting di Belgia.

Pada usia 16 tahun, Vandoorne menjadi juara di Belgian KF2 Championship. Pada 2009, ia berhasil menempati posisi runner up untuk CIK-FIA World Cup di kategori KF2.

Februari 2013, Vandoorne bergabung dengan program pembalap muda McLaren. Setahun kemudian ia diumumkan untuk menjadi pembalap ketiga McLaren di F1 dan juga menjadi bagian dari Formula 2 untuk tim ART Grand Prix. Tahun 2015, Vandoorne menjadi juara untuk Formula 2.

Maret 2016, Vandoorne diumumkan oleh McLaren untuk menggantikan posisi Fernando Alonso di GP Bahrain. Alonso tidak bisa membalap karena kecelakaan.

Setahun kemudian, Vandoorne menjadi pembalap penuh untuk McLaren menggantikan posisi Jenson Button. Sayangnya selama menjadi pembalap di Formula 1 prestasinya tidaklah bagus. Ia tidak pernah menempati posisi 10 besar di akhir musim balapan.

Kini setelah berlabuh di Formula E, Vandoorne berpeluang menjadi juara dunia. Syaratnya ia harus bisa mempertahankan penampilannya di sisa balapan.

Profil lengkap Vandoorne:

- Nama: Stoffel Vandoorne
- Tempat Tanggal Lahir: Kontrijk, 26 Maret 1992
- Negara: Belgia
- Tim: Mercedez-Benz EQ Formula E
- Nomor Mobil: 5

Klasemen Formula E Musim 2022:

PosDriverTeamPoints
1

#5
Stoffel
Vandoorne
 Mercedes-EQ Formula E Team
111
2

#48
Edoardo
Mortara
 ROKiT Venturi Racing
99
3

#25
Jean-Éric
Vergne
 DS TECHEETAH
95
4

#9
Mitch
Evans
 Jaguar TCS Racing
83
5

#4
Robin
Frijns
 Envision Racing
81
6

#17
Nyck
De Vries
 Mercedes-EQ Formula E Team
65
7

#36
André
Lotterer
 TAG Heuer Porsche Formula E Team
59
8

#94
Pascal
Wehrlein
 TAG Heuer Porsche Formula E Team
51
9

#11
Lucas
Di Grassi
 ROKiT Venturi Racing
49
10

#13
António Félix
Da Costa
 DS TECHEETAH
42

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler