Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Thomas 2022, Akankah India Cetak Sejarah?

Final Piala Thomas 2022 akan mempertemukan tim Bulutangkis Indonesia dan India pada Minggu, 15 Mei 2022 pukul 13.00 WIB.
Turnamen bulu tangkis bergengsi dunia Thomas dan Uber Cup/ctgn.com
Turnamen bulu tangkis bergengsi dunia Thomas dan Uber Cup/ctgn.com

Bisnis.com, JAKARTA - Final Piala Thomas 2022 akan mempertemukan tim bulutangkis India dengan Indonesia pada Minggu, 15 Mei 2022 pukul 13.00 WIB.

Sekadar informasi, India berhasil mencetak sejarah di kejuaraan badminton beregu ini setelah menumbangkan Denmark di semifinal badminton Thomas Cup 2022 di Impact Arena Bangkok Thailand, Jumat (13/5).

Sebelumnya, prestasi terbaik India di Piala Thomas adalah mencapai semifinal di tahun 1979. Final di tahun ini merupakan pertama kali dalam sejarah bulutangkis India.

Menjadi kuda hitam, India sebenarnya bukanlah unggulan di Piala Thomas 2022. Bahkan, mereka lolos dari babak grup C hanya sebagai runner-up dengan catatan dua kemenangan atas Jerman (5-0) dan Kanada (5-0) dan kekalahan 2-3 dari Taiwan.

Selanjutnya di delapan besar, India secara mengejutkan mengalahkan Malaysia 3-2 berkat Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Kidambi Srikanth, dan Prannoy HS.

Bahkan, mereka menumbangkan kandidat terbesar finalis piala Thomas 2022, Denmark yang sebelumnya diprediksi akan menjadi penantang gelar juara Indonesia.

Alhasil, India akan berhadapan dengan juara dan pemegang 14 kali kemenangan yaitu Indonesia di final pada Minggu, 15 Mei 2022.

Adapun, India di Piala Thomas 2022 ini memiliki kekuatan cukup hebat di nomor tunggal putra, sebab mereka memiliki 3 tunggal yang berada di ranking 25 besar dunia. Salah satu tunggal putra berbahaya India adalah Lakshya Sen yaitu pemain nomor 9 dunia ini menjadi andalan pertama India di nomor tunggal.

Kemudian, pemain yang perlu diwaspadai adalah Kidambi Srikanth dan Prannoy H.S. Kidambi yang berada di peringkat 11 dan Prannoy di peringkat 23 dunia. Kedua pemain ini selalu menjadi penyumbang poin bagi India di Piala Thomas 2022.

Terakhir, India punya satu ganda putra muda yang bisa jadi ancaman setiap lawan yakni Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Setty. Duo India ini kini menempati peringkat 8 dunia.

Beralih ke sejarah, setiap Negara memiliki kesempatan untuk mencatat sejarah baru dalam dunia bulutangkis.

Misalnya, Jepang yang untuk kali pertama sepanjang sejarah, mereka berhasil menjuarai Piala Thomas setelah mengalahkan Malaysia 3-2 pada final di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi, India, Minggu (25/5/2014).

Selanjutnya, Denmark juga tercatat baru sekali menjadi juara Piala Thomas yakni pada 2016 di Kunshan, China setelah delapan kesempatan sebelumnya berlaga di final hanya finis sebagai runner-up. Negara Viking itu menaklukkan Indonesia 3-2 pada partai final.

Kini, sejarah berikutnya berpeluang tercipta pada edisi Piala Thomas 2022 yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Untuk kali pertama sepanjang penyelenggaraan Piala Thomas, Negeri Bollywood tersebut lolos ke partai final.

Untuk diketahui, dalam pertandingan beregu sekelas Piala Thomas, ranking tak mutlak berpengaruh pada hasil akhir, sebab kerja keras, ketahanan mental juara, dan determinasi pemain menjadi kunci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler