Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Melihat Lagi Momen Miguel Oliviera Jadi Juara MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika 2022 baru saja usai. Setelah melalui pertarungan sengit, pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira sukses menjadi juara.
Pebalap KTM RedBull Miguel Oliviera Jadi Juara MotoGP Mandalika 2022/Twitter
Pebalap KTM RedBull Miguel Oliviera Jadi Juara MotoGP Mandalika 2022/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - MotoGP Mandalika 2022 baru saja usai. Setelah melalui pertarungan sengit, pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira sukses menjadi juara.

Hujan deras sempat mengguyur Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022). Ini membuat balapan yang seharusnya dimulai pukul 14.00 WIB menjari tertunda.

Akhirnya balapan dimulai pukul 15.15 WIB. Balapan berlangsung dengan sengit dan penuh drama.

Pada balapan di aspal yang basah pasca hujan ini, sempat diwarnai dua insiden, yaitu motor Andrea Dovizioso bermasalah di lap ketujuh, Jorge Martin mengalami kecelakaan di lap kedelapan.

Oliveira menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis disusul Quartararo dan Johann Zarco di podium kedua dan ketiga. Padahal Quartararo mendapatkan pole position.

Di awal balapan Fabio Quartararo langsung melesat kencang begitu balapan dimulai. Dia dibuntuti oleh Miguel Oliveira dan juga Jack Miller.

Namun, setelah melewati trek lurus di starting grid untuk kedua kalinya, El Diablo -julukan Quartararo- kehilangan tempatnya. Dia disalip oleh Oliveira dan tak lama kemudian Jack Miller menyusulnya juga yang membuatnya turun ke posisi tiga.

Dua lap balapan berjalan, Quartararo berjarak 1,7 detik dari Miller dan Oliveira. Bahkan, dia justru dipepet oleh Alex Rins yang berusaha mengejarnya dari urutan empat.

Terus dikejar, akhirnya juara bertahan MotoGP itu berhasil disalip oleh Rins yang melaju mulus di tikungan. Lalu, dia juga dibalap oleh Johann Zarco hingga turun ke posisi lima.

Pada lap keempat, Jorge Martin nyaris jatuh ditikungan 17. Pembalap Pramac Ducati itu kehilangan keseimbangan karena licinnya trek. Beruntung dia bisa kembali ke posisi aman dan melanjutkan balapan.

Adapun, Oliveira yang sempat disusul oleh Miller memimpin balapan pada lap kelima. Kedua pembalap terdepan itu berjarak dua detik dari Quartararo.

Berikutnya, Francesco Bagnaia, hampir mengalami kecelakaan. Namun, sama seperti Martin, pembalap Lenovo Ducati itu bisa mengendalikan motornya meski harus melebar di tikungan satu dan turun ke posisi 12.

Setelah nyaris terjatuh, Martin pun akhirnya benar-benar keluar dari balapan. Dia terpeleset di tikungan 1 saat balapan tersisa 13 putaran dan motornya pun berguling-guling cukup kencang di atas gravel. Namun, pembalap asal Spanyol itu terlihat baik-baik saja karena langsung bisa bangkit.

Ketika hanya sepuluh lap balapan tersisa, Oliveira masih memimpin 3,4 detik dari Miller. Sementara Rins, kehilangan posisi tiga usai disalip oleh Zarco yang kini tertinggal satu detik di belakang Miller. Dan El Diablo juga masih nyaman berada di urutan lima.

Lalu, dua lap selanjutnya Quartararo berhasil menggeser Rins dari urutan empat. Pembalap asal Prancis itu menyalipnya tanpa kesulitan di tikungan 6.

Setelah itu, terjadi pertarungan sengit antara Miller dan Zarco untuk memperebutkan posisi dua. Sang pembalap Australia terus dipepet oleh rider tim satelit Ducati itu dan beberapa kali sempat tersalip meski akhirnya bisa merebutnya kembali.

Sialnya, Zarco malah disalip oleh Quartararo pada tikungan 16 pada lap 15. Kendati sempat menyalip lagi setelah trek lurus, Zarco akhirnya benar-benar kehilangan posisinya di tikungan pertama.

Bahkan, tidak lama kemudian Quartararo berhasil melesat ke posisi dua. Dia sukses membalap Miller yang nampak melambat pada lap 16.

Sesudah itu, pembalap pabrikan Yamaha itu terus tancap gas untuk mengejar Oliveira yang sudah sangat lama memimpin balapan. Bahkan, dia sukses memangkas jarak menjadi 3,3 detik dengan pembalap KTM itu saat balapan tersisa dua lap lagi.

Sayangnya, hingga pertandingan berakhir Quartararo gagal mengejar Oliveira. Pembalap asal Portugas itu pun keluar sebagai juara pertama MotoGP di Mandalika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler