Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Miguel Oliviera, Pembalap Portugal yang Juarai MotoGP Mandalika

Miguel Oliviera berhasil keluar menjadi juara pada MotoGP Mandalika. Pembalap asal Portugal ini finish di urutan tercepat dengan torehan waktu 33 menit 27,223 detik dalam 20 lap.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 20 Maret 2022  |  16:57 WIB
Pembalap Miguel Oliveira. -  Istimewa
Pembalap Miguel Oliveira. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Miguel Oliviera berhasil keluar menjadi juara pada MotoGP Mandalika. Pembalap asal Portugal ini finish di urutan tercepat dengan torehan waktu 33 menit 27,223 detik dalam 20 lap. Miguel Oliveira mendapatkan piala secara langsung yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo di podium sore hari ini.

Miguel Ângelo Falcão de Oliveira lahir pada 4 Januari 1995 di Pragal, Almada, Portugal. Dia mulai balapan di kejuaraan nasional pada usia sembilan tahun, di Kejuaraan MiniGP Portugal pada 2004. Saat itu dia memenangkan penghargaan Young Promise of the Year di Portugal.

Keberhasilan pertamanya datang pada 2005 ketika ia memenangkan kejuaraan MiniGP Portugis dan Festival Dunia Metrakit di Spanyol. Pada 2006, ia mengulangi kesuksesan sebelumnya dan setahun sesudahnya memenangkan Trophy PreGP 125 Mediterania.

Pada 2009, ia berada di urutan ketiga dalam kejuaraan Spanyol, dan pada 2010 bertarung Maverick Viñales untuk memperebutkan gelar. Akhirnya dia finish sebagai runner-up dengan hanya dua poin dan berkembang menjadi pembalap Portugis penuh waktu pertama yang mencapai kejuaraan dunia. Sejak itu, ia menjadi pemenang perlombaan di ketiga kelas.

Oliveira memulai balapan di ajang Grand Prix pada 2011. Di membalap di kelas 125cc dengan motor Aprilia untuk tim Andalucia Banca Civica. Tidak ada podium yang didapat selama 11 kali membalap. Setahun berselang, kelas 125cc berganti menjadi Moto3. Oliviera beralih ke Suter Honda dengan tim Estrella Galicia. Oliveira meraih dua podium dari 17 balapan.

Performa Oliveira di kelas Moto3 meningkat pada 2015 dengan motor KTM di tim Red Bull KTM Ajo. Juara pertama di ajang Grand Prix pun didapat saat membalap di Italia. Secara keseluruhan di musim tersebut, dia juara sebanyak enam kali.

Sebelumnya, Miguel Oliveira pernah meraih kemenangan Kejuaraan Dunia pertama untuk pembalap Portugal di Grand Prix Italia 2015. Oliveira promosi ke Moto2 pada 2017. Pada tiga seri akhir, dia keluar sebagai juara bersama KTM: di Austria, Malaysia, dan Valencia.

KTM kemudian membawanya ke kelas MotoGP pada 2019 dan masih terus percaya dengan Oliveira sampai saat ini. Miguel Oliveira adalah pembalap Red Bull KTM Tech3 yang menjuarai MotoGP Styria 2020, Minggu (23/08/2020). Berlangsung di Sirkuit Red Bull King, Austria, Miguel Oliveira sukses mengalahkan Jack Miller dan Pol Espargararo yang bersaing sengit di lap terakhir. Miguel Oliveira kini menjadi juara di sirkuit Mandalika, Indonesia. 

Ia berhasil tampil cepat di trek basah sirkuit Mandalika. Mengawali balapan dari posisi ketujuh, Miguel Oliveira berhasil melesat dan memimpin sepanjang jalannya balapan sejak lap kelima. Sejak memimpin balapan, posisi Oliveira tak tergoyahkan hingga berakhirnya balapan yang dilangsungkan dalam 20 lap tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor MotoGP MotoGP Mandalika
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top