Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hasil BWF World Tour Finals 2021, Jumat: Kevin/Marcus ke Semifinal

Indonesia kembali meloloskan wakilnya ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2021 setelah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berhasil mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.
Andhika Anggoro/Antara
Andhika Anggoro/Antara - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  20:29 WIB
Hasil BWF World Tour Finals 2021, Jumat: Kevin/Marcus ke Semifinal
Ganda putra Kevin Sanjaya-Marcus Gideon - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia kembali meloloskan wakilnya ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2021 setelah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berhasil mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Bermain di Nusa Dua, Bali, Jumat (3/12/2021), Kevin/Marcus menang dengan skor 21-15, 18-21, dan 21-9 dalam tempo 1 jam 8 menit.

Jalannya set pertama berjalan dengan tempo lambat. Kevin yang biasa ada di depan net, kali ini ada di belakang mengatur irama pertandingan. Sementara Marcus menyambar bola di depan net.

Selepas interval, Kevin/Marcus yang unggul 11-6 terus tancap gas dan mengakhiri set pertama dengan skor 21-15 setelah bola dorongan Kevin di depan net tidak bisa dikembalikan Kim.

Masuk di set kedua, Kim/Anders membalikkan keadaan dengan memimpin 9-3 atas Kevin/Marcus.

Perlahan tapi pasti, Kevin/Marcus yang hanya membutuhkan satu set untuk lolos ke semifinal, menyusul hingga kedudukan 12-18, 17-20. Tapi keunggulan angka yang sudah terlalu jauh membuat Kim akhirnya bisa menutup set kedua dengan skor 21-18. 

Masuk di set ketiga, Kevin/Marcus tancap gas dengan smes keras dan penempatan bola yang sulit dijangkau Kim/Anders. Kevin unggul 17-6. Kevin/Marcus akhirnya menang dengan skor 21-9.

Ini adalah kemenangan ketiga bagi Kevin/Marcus setelah sebelumnya menang atas ganda Taiwan, Lee Wang/Wang Chi-lin di pertandingan pertama. Kevin/Marcus meraih kemenangan kedua setelah ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mengundurkan diri.

Sementara itu pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengaku ingin bermain tanpa beban dengan persiapan fisik dan mental yang matang di semifinal BWF World Tour Finals 2021.

Ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo ini tak ingin terlalu memikirkan laganya besok karena hanya akan jadi beban, yang ditakutkan bisa mengganggu fokus mereka di lapangan.

"Sama seperti kemarin, kami hanya fokus pada satu pertandingan ke pertandingan lain. Yang pasti, kesiapan fisik dan motivasi perlu ditingkatkan," ungkap Greysia di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Menurut mereka, dengan bermain tanpa beban diharapkan bisa mengurangi tekanan mereka sehingga tidak mengulangi kesalahan seperti pada edisi 2020.

Kegagalan di turnamen penutup world tour tahun lalu, menjadi bagian perbaikan agar tampil maksimal di Bali. Greysia/Apriyani tak ingin memikirkan hasil turnamen sebelumnya, dan memilih untuk memupuk motivasi dan semangat juang.

"Tidak mau berpikir soal pertandingan yang lalu. Justru harus lebih termotivasi untuk mewujudkan kemenangan," ujar Apriyani menambahkan.

Greysia/Apriyani lolos ke semifinal setelah mengamankan dua kemenangan dari tiga pertandingan di babak penyisihan Grup A ganda putri WTF 2021.

Kemenangan pertama didapat atas ganda putri asal Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai di pertandingan hari Rabu. Sedangkan kemenangan kedua diraih hari ini dengan mengalahkan pasangan asal Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Satu-satunya kekalahan dialami Greysia/Apriyani saat menghadapi Kim Soyeong/Kong Heeyong dari Korea Selatan pada Kamis.

Sedangkan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menelan kekalahan kedua pada babak penyisihan Grup B di Nusa Dua, Bali, Jumat petang.

Dalam pertandingan hari ketiga, Praveen/Melati kalah dua gim langsung 11-21, 15-21 dari pasangan Tang Chun Man/Tse Ying Suet asal Hong Kong.

"Hari ini memang kami lihat (pasangan) Hong Kong lebih siap dan kami juga sudah coba berjuang sebisa mungkin. Hasil ini jadi pelajaran kami buat ke depannya," kata Praveen setelah pertandingan.

Pasangan peringkat lima ini tak bisa bermain dengan mudah sejak gim pertama karena menghadapi tekanan demi tekanan. Praveen/Melati berusaha membalikkan keadaan, namun serangan yang prematur justru tak bisa dieksekusi dengan baik.

Hasilnya banyak kesalahan pukulan yang terjadi seperti shuttle-cock mengenai net atau pengembalian yang melintang keluar lapangan.

Begitu juga pada gim kedua, saat Praveen/Melati berusaha lebih menyerang, justru Tang/Tse punya sabar memainkan reli. Tang/Tse berusaha keluar dari tekanan ganda campuran Indonesia dengan mengirimkan bola-bola tanggung yang menyulitkan.

Setelah berjuang 30 menit, Praveen/Melati harus mengakui keunggulan pasangan peringkat ketujuh itu dan memastikan tersingkir dari persaingan grup.

"Pasti ada evaluasi ya setiap pertandingan. Selama tiga pertandingan ini pasti banyak yang kami pelajari. Semoga di Kejuaraan Dunia dan tahun depan bisa buat gebrakan baru," kata Praveen soal proyeksinya ke depan.

Selain Praveen/Melati, wakil Indonesia yang juga tak bisa menembus persaingan grup turnamen penutup akhir tahun ini adalah Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Hasil BWF World Tour Finals 2021, Jumat (3/12).

Order of play of Friday, December 3, 2021
TimeDrawScoreDuration
Mangupura Hall - 1
  1.Starting at 10:00 AMWD - Group B
Nami MATSUYAMA [2]Japan
Chiharu SHIDAJapan
-
BulgariaGabriela STOEVA [3/4]
BulgariaStefani STOEVA
21-9 21-1636m
  2.Followed byWS - Group B
Akane YAMAGUCHI [2]Japan
-
ThailandBusanan ONGBAMRUNGPHAN [3/4]
21-18 21-1841m
  3.Followed byWD - Group A
Greysia POLIIIndonesia
Apriyani RAHAYUIndonesia
-
MalaysiaPearly TAN
MalaysiaTHINAAH Muralitharan
21-18 21-1146m
  4.Followed byWD - Group A
KIM Soyeong [3/4]Korea
KONG HeeyongKorea
-
ThailandJongkolphan KITITHARAKUL [1]
ThailandRawinda PRAJONGJAI
18-21 22-20 21-81h 21m
  5.Followed byWS - Group A
Line CHRISTOPHERSENDenmark
-
GermanyYvonne LI
21-11 21-1433m
  6.Starting at 5:00 PMWS - Group A
Pornpawee CHOCHUWONG [1]Thailand
-
IndiaPUSARLA V. Sindhu [3/4]
21-12 19-21 21-141h 11m
  7.Followed byXD - Group A
Yuta WATANABE [1]Japan
Arisa HIGASHINOJapan
-
MalaysiaCHAN Peng Soon
MalaysiaGOH Liu Ying
21-11 21-1233m
  8.Followed byMD - Group B
Takuro HOKI [2]Japan
Yugo KOBAYASHIJapan
-
MalaysiaONG Yew Sin [3/4]
MalaysiaTEO Ee Yi
21-19 12-21 21-1054m
  9.Followed byMD - Group A
Marcus Fernaldi GIDEON [1]Indonesia
Kevin Sanjaya SUKAMULJOIndonesia
-
DenmarkKim ASTRUP [3/4]
DenmarkAnders Skaarup RASMUSSEN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bulutangkis

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top