Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WSBK Mandalika: Kargo Ducati Dibuka Ilegal, Pihak Penyelenggara Angkat Bicara

Mandalika Gran Prix Association (MGPA), promotor penyelenggara balapan World Superbike atau WSBK Mandalika, angkat bicara soal tudingan pembukaan boks kargo Ducati secara ilegal.
Foto seorang warga yang sedang berpose di samping unboxing motor Ducati untuk WSBK di Mandalika, Lombok viral di media sosial/Twitter
Foto seorang warga yang sedang berpose di samping unboxing motor Ducati untuk WSBK di Mandalika, Lombok viral di media sosial/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Mandalika Gran Prix Association (MGPA), promotor penyelenggara balapan World Superbike atau WSBK Mandalika, angkat bicara soal tudingan pembukaan boks kargo Ducati secara ilegal.

Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA Happy Harinto mengatakan pembukaan peti boks motor peserta Idemitsu Asia Talent Cup dan WSBK 2021 adalah bagian prosedur customs clearance atau impor barang yang harus dilakukan.

Happy mengatakan seluruh barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia harus melalui pemeriksaan sebelum adanya izin penggunaan. "Saat pemeriksaan dilakukan, peti box motor dibuka oleh forwarder disaksikan oleh pihak Dorna dan custom clearance," kata Happy dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (11/11/2021).

Pembukaan boks motor tim Ducati peserta WSBK Mandalia dari peti kargo di dalam Sirkuit Pertamina Mandalika menarik perhatian. Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti, seperti dikutip Speedweek, sempat meradang dengan aksi pembukaan boks motor pabrikan miik Michael Rinaldi tersebut.

Pembukaan boks kargo semacam itu juga dianggap tak wajar. Musababnya, kargo barang hanya boleh dibuka oleh otoritas bea cukai dan tim untuk mencegah spionase dan manipulasi industri. "Kami sangat menyesal, kejadian ini di luar kendali kami. Karyawan itu sudah dipecat," kata Direktur Eksekutif SBK Gregorio Lavilla.

WSBK Mandalika bakal berlangsung pada 19-21 November 2021. MGPA menilai pemeriksaan seluruh logistik tim dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang dibawa masuk ke Indonesia sesuai daftar utama (master list). Hasil pemeriksaan tersebut nantinya akan menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia setelah balapan selesai.

"Sangat disayangkan di saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan mem-viralkan dengan isi berita yang tidak sesuai," kata Happy.

Menurut Happy, perekam video tersebut bukan karyawan MGPA. "Saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur," kata dia. "Ini event yang sangat penting, yang membawa nama negara ke dunia, karenanya kami berusaha tertib dalam melaksanakannya."

Adapun Gregorio Lavilla juga memahami insiden yang terjadi di lapangan. Menurut dia, pembukaan peti kargo Ducati tersebut juga terjadi karena antusiasme yang tinggi menyambut ajang WSBK Mandalika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler