Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sean Gelael Jadi Pebalap Pertama Tim JOTA #28 di Balapan Le Mans

Pebalap Indonesia Sean Gelael menjadi pebalap pertama tim JOTA #28 pada balapan ketahanan FIA World Endurance Championship 24 Hours of Le Mans, Prancis, Sabtu.
Sean Gelael/Antara
Sean Gelael/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap Indonesia Sean Gelael menjadi pebalap pertama tim JOTA #28 pada balapan ketahanan FIA World Endurance Championship 24 Hours of Le Mans, Prancis, Sabtu (21/8/2021) mulai pukul 21.00 WIB.

"Persiapan sudah kita lakukan, sekarang saatnya bertempur dan kami siap," kata Sean Gelael dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Sabtu (21/8).

Sean Gelael memulai balapan dan dua rekannya, Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqv, bakal saling isi hingga finis dengan menggunakan kendaraan dengan nomor 28 dalam balapan yang berlangsung selama 24 jam tiada henti di di Circuit de la Sharte.

Berkaca dari balapan sebelumnya di Le Mans, nyaris semua tim di kelas apa pun memakai pola sama. Satu pebalap diberi waktu sekitar dua jam menyetir, lalu istirahat. Dia akan mendapat kesempatan berikut empat jam kemudian atau setelah dua rekan setimnya membalap masing-masing dengan durasi yang kurang lebih sama.

Waktu jeda membalap empat jam ini bisa digunakan untuk istirahat, apakah untuk tidur secukupnya atau sekadar pijat dan relaksasi.

Regulasi Le Mans 24 Jam menyatakan bahwa setiap pebalap minimal menyetir selama enam jam dan di antaranya harus ada sesi malam. Pola pembagian di atas sudah mengakomodasi regulasi tersebut.

Kekhususan lain Le Mans 24 Jam adalah Safety Car (SC) yang ada tiga. Dan ini adalah ketentuan yang diatur oleh FIA, yakni bila sirkuit yang panjangnya lebih dari 7 km maka SC harus lebih dari satu. Circuit de la Sharte sendiri memiliki panjang 13,6 km. Tiga mobil SC tersebut juga dikendarai oleh orang berbeda sesuai jam tugasnya alias bergantian.

Selain pebalap, para mekanik, teknisi, dan bahkan petugas lapangan (marshal, tenaga medis, dll.) pun sama berat tugasnya. Walau mereka juga bisa bergantian, namun koordinasi tetap dilakukan untuk keseluruhan 24 jam.

Seri keempat FIA World Endurance Championship, 24 Hours of Le Mans, digelar pada 21-22 Agustus dan akan disiarkan langsung lewat channel youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com.

Pada klasemen sementara, pebalap yang didukung KFC Indonesia, Pertamina dan BNI ini, masih berada di posisi ketiga dengan nilai 53 poin. Mereka hanya terpaut tiga poin dari tim JOTA #38 dan 21 poin dari tim United Autosport USA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler