Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

F1 : Ferrari Masih Berkutat di Masalah Ban

Tim Formula 1 Ferrrari masih harus berjuang mengatasi masalah ban. Bos tim Ferrari Mattia Binotto mengemukakan mereka harus memperbaikinya musim depan.
Pebalap tim Ferrari Charles Leclerc menjalani sesi kualifikasi Grand Prix Monako pada Mei 2021./Antara/AFP
Pebalap tim Ferrari Charles Leclerc menjalani sesi kualifikasi Grand Prix Monako pada Mei 2021./Antara/AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Problem yang dialami Ferrari ketika Grand Prix Prancis menunjukkan kelemahan tim tersebut dengan ban depan belum hilang dan mereka harus memperbaikinya untuk balapan musim depan, ungkap bos tim Mattia Binotto.

Balapan pada Minggu (20/6/2021) di Le Castellet menjadi kali pertama bagi Ferrari gagal mencetak poin tahun ini, saat pebalap Spanyol Carlos Sainz finis P11 dan Charles Leclerc di P16.

Padahal mereka mengamankan posisi start masing-masing P5 dan P6 di kualifikasi, setelah Leclerc meraih pole position di Monako dan Azerbaijan.

Akan tetapi, Ferrari menyelesaikan akhir pekan di Sirkuit Paul Ricard dengan mendapati posisinya turun peringkat empat klasemen konstruktor setelah disalip McLaren.

"Kami belum mampu membuat ban bekerja seperti yang harus kami lakukan dan saya kira performa kami sangat terkait dengan ban, cara kami membuatnya bekerja," kata Binotto.

Le Castellet batal menggelar balapan tahun lalu karena pandemi Covid-19, tapi Binotto mengatakan kondisi panas dan tikungan kecepatan tinggi yang memberi energi yang sangat banyak kepada ban menjadi masalah seperti sebelumnya. "Kami harus mengatasi itu dan itu belum terlaksana. Melihat ke depan penting bagi kami untuk belajar."

Binotto mengatakan pengembangan mobil saat ini belum cukup untuk mengatasi masalah itu. "Untuk mengatasinya, saya rasa kami perlu memiliki perubahan perangkat keras, seperti misalnya pelek, yang tidak memungkinkan karena regulasi," tuturnya.

"Saya rasa lebih penting bagi kami untuk mencoba memahami dan mengatasi hal itu secara definitif untuk tahun depan. Sementara itu saya rasa masalah ini akan terjadi lagi di sejumlah balapan tapi tidak di semua trek," lanjut Binotto.

Sainz, yang diboyong dari McLaren tahun ini, mengatakan Ferrari cenderung lebih kewalahan di balapan daripada di kualifikasi, tetapi ada masanya kecepatan bukan menjadi kendala bagi tim Italia itu di sejumlah balapan.

"Sangat jelas bahwa kami memiliki jendela yang sangat sempit untuk membuat ban depan bekerja dan kami cenderung lebih kewalahan dengan graining dan keausan (ban) depan ketimbang (apa yang dialami) kompetitor kami," kata Sainz.

"Sekarang kami mencoba memahami mengapa kami memiliki jendela yang sempit seperti itu dan kenapa kami lebih kesulitan dengan keausan ban depan ini."

Prancis mengawali rangkaian tiga balapan beruntun musim ini, dengan dua balapan di Red Bull Ring Austria digelar dalam 2 pekan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler