Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologis Valentino Rossi Dinyatakan Dokter Positif Covid-19  

Kondisi Rossi akan diawasi oleh staf medis di Tavullia.
Pebalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi menghadiri peluncuran motor terbaru Yamaha Lexi di Jakarta, Jumat (26/1)./ANTARA-Muhammad Adimaja
Pebalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi menghadiri peluncuran motor terbaru Yamaha Lexi di Jakarta, Jumat (26/1)./ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA  - Valentino Rossi mengabarkan pada Kamis (15/10/2020) dirinya positif terjangkit Covid-19 dan bakal melewatkan Grand Prix Aragon akhir pekan ini.

Tim Monster Energy Yamaha lewat keterangan resmi mengonfirmasi hal tersebut dan menjelaskan kronologis sebelum sang juara dunia sembilan kali itu mendapati hasil tes positif Covid-19.

Pada Minggu (11/10/2020), Rossi meninggalkan sirkuit Le Mans dan kembali ke rumahnya di Tavullia, Italia.

Pada Selasa (13/10/2020), Rossi menjalani tes PCR seperti biasa, yang menjadi kewajiban bagi mereka yang pulang ke rumah di antara balapan. Hasil tes diterima pada hari berikutnya dan menunjukkan negatif.

Pada Rabu (14/10/2020), Rossi merasa fit sepenuhnya dan berlatih di rumah tanpa mendapati gejala atau ketidaknyamanan.

Pada Kamis (15/10/2020), Rossi bangun di pagi hari dan merasa sedikit sakit. Dia merasa sedikit demam dan langsung memanggil dokter. Sang dokter melakukan dua tes:

1. Tes PCR cepat, yang kembali menunjukkan hasil negatif.
2. Tes PCR standar, yang hasilnya diterima pada pukul 16:00 dan menunjukkan hasil positif.
 

Selama tinggal di rumah dari Minggu malam (11/10/2020) hingga Kamis (15/10/2020), Rossi tidak melakukan kontak dengan siapapun yang saat ini berada di Grand Prix Aragon, termasuk para pebalap Akademi VR46, staf VR46, dan anggota tim Monster Energy Yamaha.

Kondisi Rossi akan diawasi oleh staf medis di Tavullia.

Situasi akan dipantau setiap hari untuk melihat kemungkinan partisipasi Rossi di balapan yang akan datang.

"Ini kabar yang sangat buruk bagi Valentino dan kabar yang sangat buruk bagi tim Monster Energy Yamaha dan untuk semua fan MotoGP di seluruh dunia," kata Managing Director Lin Jarvis.

"Yang pertama dan terpenting kami berharap Valentino tidak akan terlalu menderita dalam beberapa hari mendatang dan akan pulih sepenuhnya dalam waktu sesingkat mungkin.”

Sebelumnya, project leader Sumi-san dan lima engineer Yamaha absen di Le Mans setelah satu anggota tim positif Covid-19, meski tidak menunjukkan gejala.

"Dua insiden ini mengingatkan kita bahwa tidak peduli seberapa berhati-hati Anda, risikonya selalu ada- seperti yang kita lihat dengan meningkatnya jumlah infeksi di Eropa saat ini."

"Kami telah memeriksa dengan otoritas kesehatan Italia dan kami telah diberitahu bahwa setiap anggota tim yang melakukan kontak dengan Valentino hingga Senin tidak termasuk dalam risiko langsung.

Yamaha belum menyebut siapa yang bakal menggantikan sang juara dunia sembilan kali itu di Aragon, namun hal itu membuka kesempatan bagi test rider Jorge Lorenzo untuk turun kembali di MotoGP.

Lorenzo seharusnya turun di Grand Prix Catalunya sebagai pebalap wildcard sebelum kalender musim berubah total karena terdampak pandemi dan slot wildcard dihapus untuk tahun ini.

Pebalap Spanyol itu mengendarai M1 2019 di sesi tes MotoGP di Portimao, Portugal pekan lalu, namun belum pernah mencicipi motor versi 2020 tahun ini setelah menjalani hanya empat hari tes di atas mesin MotoGP sejak Februari.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler