Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Casey Stoner Komentari Absennya Marquez di MotoGP Musim ini

"Marc adalah pemimpin dan membawa kejuaraan itu ke level lain. Ketika saya berada di sana, saya, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa yang selalu berada di depan."
Pebalap MotoGP, Marc Marquez/Autosport
Pebalap MotoGP, Marc Marquez/Autosport

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan juara dunia MotoGP Casey Stoner menganggap ketidakhadiran Marc Marquez dalam sejumlah seri balap membuat balapan di kelas utama gagal naik level. Menurut dia, absennya pembalap Repsol Honda itu membuat kejuaraan MotoGP tidak bernilai dan kurang greget.

"Di sinilah saya dapat memulai beberapa kontroversi, tetapi saya sepenuhnya setuju, tanpa Marc di sana, sejujurnya, tidak ada pemimpin saat ini. Anda melihatnya dari hasil, oleh orang-orang yang gantian berdiri di tangga teratas podium," kata Stoner, yang juga mantan pembalap Repsol Honda, dikutip dari Motorsport, Selasa (8/9/20200).

Marc Marquez harus bertahan setidaknya satu bulan untuk pemulihan patah tangan yang dialami di seri pembuka pada MotoGP Spanyol. Upaya comeback lebih awal di MotoGP Andalusia membuatnya membutuhkan operasi kedua. Ketidakhadirannya telah membuka jalan bagi beberapa pemenang baru di kelas, Fabio Quartararo, Brad Binder dan Miguel Oliveira semuanya meraih kemenangan perdananya.

"Marc adalah pemimpin dan membawa kejuaraan itu ke level lain. Ketika saya berada di sana, saya, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa yang selalu berada di depan. Di saat mereka tidak memiliki pembalap seperti itu untuk melakukannya, tentu itu menunjukkan apa yang harus Anda lakukan setiap akhir pekann dan seberapa tingkat konsistensi tim sepanjang musim," ujar mantan pembalap Ducati tersebut.

Stoner menambahkan bahwa penurunan Repsol Honda sejak kecelakaan Marc Marquez menunjukkan gap yang signifikan. Pembalap rookie Alex Marquez dan pembalap penguji Stefan Bradl memberi dampak dan memperlihatkan ketidakmampuan untuk mengimbangi juara dunia enam kali papan atas itu. "Sejujurnya saya pikir Anda bisa menang dengan motor apa pun di grid. Mereka semua sangat mirip, mereka hanya memiliki beberapa sifat yang berbeda dan di mana mereka menemukan kecepatannya," ujar dia.

Stoner menambahkan bahwa jadwal MotoGP yang padat akibat pandemi juga mengganggu konsistensi setiap tim untuk tampil. Menurut dia, kejuaraan MotoGP 2020 adalah kejuaran yang berbeda dalam beberapa tahun terakhir. "Perbedaan besar, sekali lagi, adalah tidak ada pemimpin bagi pembalap-pembalap lain. Jika Anda bukan seorang pemimpin maka Anda adalah pengikut. Jika Anda seorang pengikut, Anda harus melihat seseorang melakukan sesuatu dengan motornya agar percaya pada diri Anda sendiri yang bisa sampai di sana.

"Ini bukan hal yang mudah karena saya mengalaminya sendiri di Ducati. Ketika saya tidak ada, Ducati benar-benar kesulitan. Saya tidak menyebut diri seorang pemimpin, tetapi saya pikir ini adalah motor yang harus saya tangani. Ada cara untuk mengetahui kecepatannya dan itulah yang dilakukan Marc. Dia hanya mengkhawatirkan urusannya sendiri, menemukan kecepatan darinya, dan orang melihat yang bisa dilakukan. Tanpa Marc, Repsol tampaknya sedikit tersesat dalam menunjukkan kemampuan motornya."

Meski begitu, menurut Stoner, balapan MotoGP harus terus berjalan untuk mendapatkan seorang pemenang. Kejuaraan musim ini, kata dia, tetap menjadi balapan yang bagus untuk setiap pembalap dan tim.

"Kejuaraan dunia agak sulit tahun ini. Ada dua balapan di sirkuit yang sama dan jika pemilihan sirkuit cocok, itu benar-benar keuntungan besar. Tapi balapan itu sendiri sangat fantastis, daripada para pembalap hanya duduk-duduk sepanjang tahun," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler